Perbedaan WIFI Router Game vs WIFI Router biasa


Technology | 5 December 2018

Perangkat hardware menargetkan penguna computer dalam bidang permainan seperti aplikasi game.

Salah satu perangkat pendukung yang mungkin tidak kita perhatikan adalah Router atau WIFI Router.
Beberapa tahun ini muncul produk Router WIFI high end yang menawarkan dukungan Tri-band dan dukungan WIFI lebih cepat.

Mungkin kita bertanya-tanya, mengapa WIFI Router dengan banyak antena kaki laba-laba ini jauh lebih mahal dari model router biasa lainnya. Apakah bentuknya yang aneh, WIFI jenis tersebut berbeda. Tentu tidak.

Router WIFI performa ditawarkan dengan harga lebih mahal dibanding Router standar.

Dimana kelebihan perangkat Router Game kelas ini.

Apakah kecepatan tranfer lebih baik, atau kemampuan memancarkan sinyal WIFI lebih jauh atau ada fungsi khusus. Serta teknologi terbaru umumnya sudah ada disana, karena mengikuti perkembangan teknologi WIFI Router

Saat Router dibuat untuk kebutuhan.

Fungsi sebuah alat Router atau Router WIFI, termasuk Access Point dan Range Extender menjadi salah satu kebutuhan perangkat untuk computer dan mobile.
Satu perangkat WIFI dapat memiliki beberapa fungsi.

Dimana smartphone dan computer dapat mengakses internet melalui modem, cable modem dan teknologi Fiber Optik. Mengunakan nirkabel atau kabel LAN.

WIFI Router dapat dilihat dari disain antena. Umum kita mengenal dengan jarak jangkau sinyal WIFI.
Gambar 1 WIFI Router , Acces Point standar
Gambar 2 WIFI High Range atau High Db


Gambar 3 WIFI Gaming



Tetapi Router Game bukan untuk jarak jangkauan saja. Disini perbedaan dengan WIFI Router Game.

WIFI Router dibagi dalam fungsi utama

WIFI Router standar untuk pemakaian biasa, memasukan WIFI dan menjangkau ke semua perangkat. Router WIFI murah tentu saja standar.
Router WIFI kekuatan daya pancar atau antena lebih besar. Untuk menjangkau seluruh ruangan dan pada akhirnya memberikan
WIFI Router standar ditangani oleh 1 antena bersamaan. Satu antena menangani semua perangkat yang terhubung.
WIFI dengan antena standar umum dipasang di unit modem fiber optik. Biasanya kita akan mengeluhkan kekuatan sinyal WIFI Router dari provider internet, karena sinyalnya memang lemah.

WIFI Router high gain
Memiliki kekuatan antena dengan db lebih besar, bukan hanya antenanya saja.
Termasuk power amplifier diatas rata rata WIFI router standar.
Tujuannya memperkuat sinyal dan sensitif penerimaan sinyal WIFI.
Ada yang menyebut mampu menembus 2 - 3 tembok, menjangkau luas area dengan sinyal WIFI lebih baik.
Memiliki beberapa mode, dari WIFI Router biasa, menjadi Access Point dan Range Extender.
Umumnya juga dibuat dengan 2-3-4 antena. Agar sinyal WIFI dapat terbagi dalam beberapa frekuensi dan menerima sinyal WIFI dari masing masing antena berbeda.
Dirancang bekerja dengan frekuensi 2,4Ghz saja atau 5Ghz. Kadang ditambahkan kemampuan menangani trafik besar. dari 300Mbps - 1200Mbps.
Angka tersebut adalah total kecepatan tranfer data yang dapat ditangani dalam waktu bersamaan.

WIFI Router Multi Band, dual band, triple band. Memiliki fungsi untuk kecepatan tranfer, biasanya di tempatkan di kantor. Untuk mentranfer file lebih besar, lebih cepat. Dan terbagi dengan 2-3 antena atau kelipatannya bahkan sampai 6.
Multi Band dipisahkan antar koneksi, bisa saja 2 antena menangani 2 perangkat terpisah, agar masing masing perangkat dapat lebih cepat. Atau 2 antena menangani 1 perangkat, membuat tranfer lebih cepat. Model baru seperti WIFI6 tipe ax memiliki 3 band frekuensi
Seperti WIFI Router high gain, model lebih tinggi tapi bukan untuk kekuatan jarak jangkauan.
Ditempatkan koneksi Gigabit LAN, sinyal Beam Form, antena dirancang untuk memaksimalkan tranfer dan lainnya.

Router WIFI Gaming
Dirancang untuk satu fungsi utama, yang membedakan adanya unit CPU dan RAM / buffer lebih kuat, dan dukungan multi-band untuk mengolah data keluar masuk dari internet ke setiap perangkat. Menangani trafik download upload lebih besar dan lebih cepat ke semua perangkat.

Sebagian besar teknologi baru ada, dan belum terpasang di model WIFI Router lain karena harganya akan lebih mahal.


Sebagai contoh LAN port lebih tinggi dengan 2,5Gbps, teknologi WIFI6, jumlah antena lebih banyak sampai 3 band atau mungkin 4 band, mampu menangani trafik lebih besar menangani beberapa perangkat sekaligus dan lainnya.

Tetapi Router WIFI Game tidak hanya berbicara kecepatan atau kelambatan akses data / internet. Secara teori Router Game sebagai Router paling tinggi dan paling mahal. WIFI Router Gaming dirancang lebih responsif, kelambatan rendah menangani data keluar masuk sekaligus mengatur prioritas data yang harus didahulukan.

Umumnya sudah mengadaptasi teknologi MU-MIMO, membutuhkan standar WIFI5 dan WIFI6.
Antena yang ada lebih banyak dapat dipasang sampai 3, 4, 6 atau 8 antena.
Setiap antena dapat di gunakan untuk beaming, atau mengarah ke satu perangkat untuk prioritas. Misal ada 4 antena maka 1 perangkat mendapat koneksi ke 1 antena tanpa terganggu atau berbagi dengan perangkat lain.

Terpenting di setup dalam router sendiri. Kita dapat mengatur untuk memprioritaskan koneksi untuk aplikasi tertentu misal game. Tujuan, agar tidak terjadi kelambatan (delay), akibat terganggu dengan koneksi internet, ketika banyaknya kebutuhan tranfer baik di LAN maupun WIFI yang melalui WIFI Router gaming.

Perbedaan umum pada Router Gaming

Adanya sistem pengaturan menu setting atau kata lain dari Setting yang berbeda dengan mendisain fitur Quality of Service (QoS).

Quality of Service / QoS, salah satu fitur dimana data (trafik keluar masuk di dalam router ) fokus untuk memprioritaskan router data apa yang penting.

Model Router biasa juga memiliki menu QoS sederhana, dan tidak selengkap Router Gaming.

Bila penguna memiliki jaringan internet broadband atau koneksi super cepat. Perangkat Router gaming akan terasa perbedaannya ketika mengunakan aplikasi yang membutuhkan kecepatan yaitu Game dengan menekan terjadinya kelambatan (latency).
QoS juga mengatur koneksi baik LAN Network serta WIFI.

Tanpa pengaturan QoS. Bila satu perangkat mengakses video streaming, perangkat lain sedang upload mengirim data, sementara anda mengunakan smartphone atau PC untuk game dengan pemakaian bandwidth lebih kecil.

Semua data internet akan diperlakukan sama pada Router standar, kelambatan akan terjadi.
Nonton video bisa buffering, tapi di game maka layar terlihat membeku akibat ping tiba-tiba meningkat.

Bagi mereka yang mengunakan game baik di PC dan smartphone. Akan terasa kelambatan data selama bermain, istilahnya terjadi Lag. Karena bandwidth internet habis terpakai oleh perangkat lain yang membutukan data internet sangat besar seperti video streaming.

QoS dapat mengoptimalkan data keluar masuk dan diatur oleh perangkat Router.
Perangkat router dapat memberi prioritas seberapa penting data untuk game, dan memprioritaskan lalu lintas untuk data internet game online.
Bahkan dapat di prioritaskan lebih dahulu, dibanding data lain tanpa perlu antri. Kata sederhananya diberikan batas agar data yang lebih kecil dapat lewat lebih dahulu.
Sementara video yang membutuhkan data sangat besar, dialihkan untuk mengantri di belakang data untuk trafik game. Jadi ada prioritas kedua dibanding prioritas pertama untuk data game selalu lewat lebih dahulu tanpa harus antri.

QoS WIFI Router Gaming.

Pengaturan trafik internet di dalam router dengan QoS sudah lama ada. Tetapi pengaturannya terbatas. Beberapa WIFI Router, WIFI Powerline, dan lainnya memiliki tambahan fitur QoS. Tetapi tidak selengkap teknologi Router terbaru seperti WIFI Router Game.

Setting QoS Router Gaming lebih lengkap dan membutuhkan pengetahuan tentang network. Apa saja yang harus di optimalkan

Seperti kita membuka setting di Router, pada bagian QoS di enable kita akan bingung sendiri untuk apa setting ini.
Dan bagian mana yang perlu diatur tinggal di drag drop pada setting Router. Setelah mengerti maka kita tahu masing masing fungsi, dan sangat mudah untuk mengoptimalkan koneksi.

Fitur tersebut sudah dibuat mudah oleh produsen WIFI Router. Seperti tampilan dibawah ini.



Setting menu router game dibuat sederhana

Disini perbedaanya, setting Router Game lebih pintar tapi teknik setting yang dibuat lebih sederhana.

Ibaratnya ketika anda membutuhkan kecepatan gaming, tinggal di click setting prioritas pada game. Selebihnya Router yang mengatur.
Di dalam Router Game memiliki sebuah procesor, baik dual core atau quad core termasuk chip RAM. Untuk mengatur darn mempercepat kinerja router mengirim lalu lintas data ke jaringan internet, atau network internal.

Seperti gambar dibawah ini adalah beberapa menu setting dari Router di kelas high end.

Setting QOS router WIFI


Ping

Ping adalah ukuran kecepatan ketika computer terhubung ke sebuah server (misal server game).
Angka ping semakin kecil menunjukan kecepatan internet lebih responsif alias cepat.
Ping diartikan berapa lama paket data yang dikirim dari computer ke server internet dan mendapat balasan.

Ping serendah mungkin dapat menurunkan tingkat lag di dalam game. Jadi permainan game akan lebih nyaman.

Beberapa server game akan menolak bila ping dari computer anda ke server mereka sudah melewati angka 200ms (milidetik).
Beberapa server game bahkan meminta ping mencapai 50ms. Angkat tersebut memang tidak universal, bisa saja 100ms sudah cukup untuk memainkan game.

Berapa ping untuk game

Tentu saja angkanya yang paling kecil, tapi berapa ?

<20ms ini paling optimal. Gamer tidak akan merasakan lag sama sekali dengan koneksi 20ms. Bila ada kelambatan, pastinya bukan masalah di koneksi tapi di hardware.
20-50ms disebut baik. Angka tersebut populer bagi layanan internet provider yang memberikan ping rendah. Atau jangan jangan lokasi si pemain tidak jauh dari server game yang ditempatkan di negara tertentu.
50-100ms, dapat dibilang cukup. Angka ini rata rata bagi sebagian gamer mendapatkan ping rendah tersebut. Tetapi lawan kita kadang mendapatkan keuntungan akibat koneksi ping di computer kita lebih tinggi.
100ms-300ms, sebenarnya sudah tidak layak bermain game online dengan ping diatas 100ms. Anda akan kalah bukan karena tidak ahli, tapi koneksi internet yang lebih lambat.
300ms, sebaiknya tidak bermain game. Karena kita akan jengkel sendiri. Ping besar tersebut tidak cocok untuk bermain online.

Bila Ping bagus, kenapa game online lag.
Beberapa kelambatan jaringan internet disebabkan lambatnya koneksi internet dari provider ke server game. Kita tidak bisa merubah.

Faktor lain dari jaringan internet lambat di rumah.
Berapa banyak yang mengunakan internet bersamaan. Ketika terhubung ke internet untuk main game online, ternyata ada yang streaming video. Latency game langsung naik dalam arti Lag.
Seperti keterangan diatas, fitur WIFI Router dapat membagi kecepatan trafik internet yang di prioritaskan.

Pertanyaan terakhir. Koneksi tercepat untuk menurunkan ping latency. Jawabannya tidak mengunakan banyak hardware.
Terkoneksi langsung ke modem Fiber dan computer, dengan WIFI terhubung langsung ke SSD modem fiber.

Apakah kelambatan juga berdampak dengan jenis perangkat seperti perangkat Powerline.
Tidak berbeda dengan menambah WIFI Range Extender.
Semakin banyak terhubung ke perangkat, "kemungkinan" kelambatan internal jaringan di rumah berdampak dengan koneksi internet.

Dibawah ini test melalui gameserverping.com , dapat dicoba sendiri.
Membandingkan kecepatan dengan kabel LAN, jalur kabel listrik rumah, dan WIFI Range Extender.
Catatan ini hasil test internal, di tempat lain mungkin hasilnya berbeda.



Apakah WIFI Router standar menjadi barang usang

Tidak, hanya kebutuhan yang memunculkan produk Router Game. Agar penguna lebih nyaman ketika menjalankan aplikasi game (misalnya) tanpa merasakan kelambatan berarti.
Bila kita mengunakan internet sendirian, tidak memerlukan WIFI Router Game. Karena tidak ada yang perlu diatur, tidak ada yang memperlambat koneksi internet.

Sedangkan Router standar, Router WIFI high end tetap ada dengan harga lebih murah.
Tetapi tidak memiliki pengaturan khusus pada prioritas koneksi internet dengan aplikasi tertentu, atau kemampuan hardware tidak secanggih Router Game.

WIFI Router antena High Gain lebih mengutamakan jarak jangkau sinyal agar lebih jauh yang dibedakan dengan WIFI router standar.

Pastinya teknologi Router Game bukan sebuah nama.
Perangkat dengan teknologi lebih baik tersebut memang berguna untuk menurunkan kelambatan internet. Ditawarkan dengan harga premium karena adanya kebutuhan dan komponen lebih mahal. Dan terakhir adanya kebutuhan sehingga produsen ikut menawarkan WIFI router khusus. Semua produk yang dipasang relatif lebih baru, lebih cepat dan kecepatan tinggi.

Bila anda memiliki Router WIFI model Premium tersebut, tapi anda tidak mengatur sesuai kebutuhan.
WIFI Router tersebut mungkin tidak jauh berbeda fungsi dengan WIFI Router biasa.

Karena salah satu kemampuan Router kelas high end dapat membagi akses internet, agar beberapa aplikasi seperti game, video atau telepon VOIP dapat dibedakan dan diprioritas. Bukan mempercepat, tapi membagi kecepatan akses "internet" yang dibutuhkan. Sedangkan mempercepat atau akselerasi network ada di pembagian prioritas.

Teknologi WIFI Router Gaming

Mediatek
Mediatek memiliki chip seri MT untuk akselerasi network di router. Tetapi tidak disebutkan untuk WIFI Router game atau WIFI Router high end.

MT7621A/N Dual-core Network Processor 2x2/3x3/4x4 Wi-Fi.
Mendukung Gigabit Ethernet Port, WIFI6 ax,

Produsen dengan chip Mediatek
    D-Link AXO AX1800 (DIR-X1860)
    TP-Link Archer AX20 (AX1800 Dual-Band Wi-Fi 6 Router)
    Buffalo AX1800 (WSR-1800AX4) - in Japan

Qualcomm StreamBoost
Teknologi QoS baru untuk prioritas data diperkenalkan dengan Qualcomm StreamBoost. Umum digunakan untuk perangkat Router premium.
Qualcomm mulai memperkenalkan SteramBoost di tahun 2013 dan perangkat pertama tampil pada tahun 2014 setelah muncul standar WIFI 802.11 ac.



Dibawah ini gambaran dari StreamBoost yang digunakan D-Link.

Setting QOS Streamboost D-Link

Sekarang nama StreamBoost sudah tidak tertulis di perangkat WIFI Router Gaming.
Fungsi utamanya tetap. Untuk membagi kelambatan dari beberapa kebutuhan aplikasi dan mengatur kebutuhan aktivitas semua klien (perangkat) dengan pengaturan QoS. Kedepan tidak tahu apakah produsen chip lain juga ikut menasarkan teknologi QoS.

Teknologi StreamBoost disebut serupa dengan QoS Adaptive (Asus mengunakan istilah tersebut).

Asus WTfast Adaptive QoS

Dengan QoS pintar, Router otomatis menyesuaikan kebutuhan jaringan sesuai prioritas yang kita setting.

Bila QoS diaktifkan, apakah untuk kebutuhan tertentu yang mendapat akses internet.
Sedangkan aplikasi lain akan dikecilkan kecepatan (prioritas) internetnya. Misal ketika diaktifkan untuk prioritas game, maka aplikasi seperti browsing, video akan dihambat untuk memberi jalan bagi aplikasi game. Sebenarnya tidak seperti itu.

QoS Adaptif tidak menurunkan kecepatan koneksi perangkat lain atau kebutuhan kecepatan internet lain dengan aplikasi berbeda-beda.
QoS Adaptif dapat menyeimbangkan permintaan bandwidth (internet) agar menunggu, dan memprioritaskan kecepatan internet game online (sebagai contoh) diutamakan untuk mendapatkan prioritas pertama.
Ibarat jalan tol yang sibuk, kadang mulai melambat. Satu jalur diberikan bagi beberapa kendaraan khusus yang tidak mengalami hambatan. Setelah jalur dilewati kendaraan khusus selesai, jalur kembali di buka untuk kendaraan biasa.

Router dapat diatur untuk prioritas kecepatan seperti pemakaian File tranfer / copy file, Web Browsing, Voip (telepon internet), Video audio dan Gaming atau kebutuhan lain. Jadi penguna sendiri yang mengatur apa yang ingin di prioritaskan / mendahulukan untuk akses internet.

Fitur Router game dapat dilihat produk dibawah ini, dan mungkin sudah ada teknologi yang lebih baru seperti WIFI6 (ax).

NetGear Nighthawk Pro Gaming XR500.
Salah satu router performa ditawarkan $258, dan model terbaru XR700 $500.
Memiliki kemampuan meminamlisasi kelambatan ping dan bebas lag. Mengunakan procesor dual core 1,7Ghz.
Dukungan AC2600 Dual Band, dan 2 USB port 3.0.
Sistem Router dapat diatur untuk memonitor network, dan mengidentifikasi aplikasi penyebab lag.
Memberikan data realtime bandwidth pada perangkat router sendiri.

ASUS GT-AC5300 Gaming Router Tri-band WiFi (Up to 5334 Mbps) VR & 4K streaming
Quadcore procesor, gaming port, dan 8x Gigabit LAN ditawarkan $429.
WIFi Dual 5Ghz, Single 2,4Ghz AC5300 dengan 802.11ac, 4x4 Mimo. Procesor 1.86Ghz quad core.
ROG Game menu, untuk dukungan Game Boost, Game IPS.
Salah satu keunikan GT-AC5300 dapat memberikan satu jalur dari WIFI 5Ghz untuk game saja agar tidak terganggu dengan akses perangkat smartphone atau notebook yang terhubung ke WIFI. Dan satu koneksi 5Ghz serta 2,4Ghz dapat dibuka untuk keperluan internet biasa.

TP-Link AC5400 Tri Band Gaming Router MU-MIMO
Dengan 4 core procesor dan 1GB RAM, tri band gaming router. Ditawarkan tidak terlalu murah $330.
Arsitek XStream , WIFI AC5400 Tri band.
Dinamis mengoptimalkan prioritas pembagian trafik internet
2 jaringan 5Ghz dan 1 untuk 2,4Ghz. Port Gigabit LAN
Memiliki pengaturan prioritas bandwidth QoS dengan Intelligent Traffic Prioritization.
Pengaturan menu yang sederhana untuk setting QoS.

Perbedan Router standar vs Router game

Rata rata perangkat WIFI Router Premium menambahkan bagian port Gigabit LAN. Beberapa penguna lebih memilih mengunakan jaringan LAN karena akses ke jaringan network tidak banyak terganggu. Ditujukan untuk pemakaian PC atau notebook mengnakan koneksi LAN Network

Standar WIFI. Paling umum akan menyediakan WIFI 802.11ac, terbaru dengan WIFI6 802.11ax yang lebih cepat, setidaknya model WIFI Router tahun 2020.

WIFI Multi Band. Secara umum ada di Router WIFI kelas high end yang menyediakan 3 band atau Tri-Band.
Memungkinkan penguna mentransmisi di 3 saluran sekaligus.

RAM dan CPU. Salah satu komponen membuat perangkat WIFI high end adalah perangkat tambahan paling penting yang membedakan dengan Router standar.
CPU lebih cepat dan RAM dapat meningkatkan, mengatur kecepatan transmisi dari perangkat / computer yang masuk ke router sampai tersambung ke jaringan internet.
Kebutuhan CPU dan RAM dapat menekan kelambatan latency.

Dari semua teknologi yang ada di Router WIFI, tidak ekslusif untuk satu merek.
Rata rata produsen Router high end memiliki fitur diatas. Pastinya tidak tersedia di perangkat Router standar, karena komponen lebih mahal, maksudnya masih baru gitu.

Berita terkait
Samsung masih mendominasi model smartphone layar lipat. Tapi tidak lama lagi, setelah kabar muncul produsen smartphone China akan membuat smartphone layar lipat. Teknologi dari Samsung, tapi panel dijual ke produsen lain. Apakah akan murah bila di produksi disana.

iQOO 7 tampil dengan procesor Snapdragon 888 dan siap untuk jaringan 5G. Mengunakan layar 6,62 inci FHD+ dan panel AMOLED 120Hz. Bodi ke layar mencapai 91.4%, di bagian atas ditempatkan sebuah camera untuk selfie 16MP. iQOO 7 dirancang sampai 12GB RAM LPDDR



Mengunakan roket biasa untuk perjalanan ruang angkasa, sukar dilakukan. Tabung besar untuk tangki bahan bakar, belum tentu cukup untuk perjalanan yang cukup lama. Nasa mengatakan emDrive. Peneliti California mengatakan gas Metana lebih baik

Chip Mediatek T750 menjadi solusi untuk jaringan 5G CPE wireless sebagai procesor Hotspot dengan kecepatan maksimum 2GBps. Termasuk untuk 5G Fixed Wireless FWA, Mobile Hotspot / MIFI dan perangkat lain. Chip procesor dapat digunakan di rumah, kantor atau mereka yang suka berpergian.

Procesor notebook hemat power berbasis ARM. Qualcomm Snapdragon 8CX Gen2 bekerja di OS Windows. Membuat disain notebook menjadi lebih tipis, lebih hemat power, tidak memerlukan fan pendingin. Procesor Snapdragon 8CX Gen2 hanya membutuhkan power 7W

Samsung kembangkan HBM2E dengan nama Flashbolt. 33% lebih cepat dari teknologi HBM2. Hynix menyiapkan HBM2E. Februari 2020 model HBM2E resmi diluncurkan oleh Samsung, disusul Hynix Juli 2020. Micron menyiapkan HBMnext, sama seperti HBM2E

Chip Binning adalah istilah dalam menyeleksi sebuah procesor terbaik. Pabrik chip tidak dapat menghasilkan sebuah wafer 100 persen sempurna untuk diproses menjadi produk akhir. Pasti ada saja yang cacat dan harus dibuang atau di sisikan. Disini ada bagian yang menarik dimana chip dapat diseleksi yang terbaik.



Honor Router 3 memiliki kecepatan WIFI6 terbaru. Dual band 2,4Ghz dan 5Ghz sampai 2,4Gbps, setting mode Wall Penetration, Standar atau Sleep. Huawei menempatkan procesor Lingxiao untuk kontrol WIFI Router tipe dual core

Tahun 2018 menjadi tahun penjualan TV Oled. Tapi membuat masalah penguna TV Oled. Berapa lama TV Oledi digunakan dan mulai memiliki masalah. Salah satu produk yang ditawarkan oleh LG dan pabrikan lain 2018. Muncul gambar artifak di layar OLED. LCD dan Sony mencoba menurunkan dampak kerusakan panel OLED

Melihat benda yang sangat kecil seperti ukuran nanomikron tidak semudah melihat benda kecil dengan mikroskop biasa. Melihat bentuk nanomikron tidak dapat di lihat langsung bila objek terlalu kecil, karena tidak akan memantulkan cahaya. Gambar hanya di proyeksikan untuk ditampilkan ke layar dengan elektron..

Tahun 2020 akhir produksi panel LCD Samsung. Karena suplai lebih besar dari permintaan, Samsung fokus ke panel Quantom Dot atau QLED, sedangkan produk satu pabrik LCD di Korea telah di rubah untuk jalur Quantum Dot. Akhir tahun 2020, Samsung tidak memproduksi LCD biasa. Artinya monitor Samsung akan lebih mahal.

Samsung The Frame adalah TV LCD tapi tampak seperti lukisan di dinding rumah. Tidak seperti TV biasa, Samsung merancang TV yang tetap aktif walau dimatikan dan memperlihatkan gambar lukisan, foto dan lainnya. Model baru ukuran 55 dan 64 inci dengan 4K UHD TV dan HDR10 Plus

Ketika orang tua atau engkong mereka membanggakan sebuah kendaraan. Generasi sekarang malah tidak mau repot dengan nama kendaraan. Memiliki kendaraan sama saja membawa satu tas kerepotan dalam hidup mereka. Beberapa alasan 2 generasi tersebut tidak memprioritaskan untuk memiliki kendaraan pribadi.

Apa yang menarik dari internet di China, salah satu minim jalur internet untuk keluar negeri. Uniknya sistem jaringan Intranet raksasaChina  tersebut mampu berdiri sendiri dan dirancang berbeda dari jaringan internet di seluruh negara. Seandainya ada serangan dari luar sampai blokade internet global. Sebagian besar dengan kontrol ketat bagi penguna dalam negeri.



Beli paket data internet atau isi pulsa untuk nomor orang lain atau nomor sendiri. Sekarang tidak ribet, beberapa toko online resmi menjual paket data internet Telkomsel, Indosat, Smartfren, Axis, Tri, XL dan lainnya. Kadang harga sedikit lebih murah dari harga resmi. Beli paket data internet dan telepon dari aplikasi operator juga tersedia

Mau di isi apa dengan 1TB. 2018 pertama microSD 512GB tampil dari produk Integral. Tidak lama beberapa produsen menawarkan kapasitas microSD 400GB dan 500GB. 2019 microSD terbesar 1TB akan ditawarkan Sandisk. Kecepatan tranfer 90MB sampai 60MB perdetik.

Samsung resmi mengumumkan teknologi 12GB LPDDR4X (bukan LPDDR4 biasa), sementara akan diproduksi dalam jumlah sedikit. Samsung mengatakan disain smartphone dengan 8 atau 12GB sudah menjadi standar di smartphone high end. Samsung LPDDR4X dibuat dengan teknolopgi 10nm, disebut 1y, dan selanjutnya dinamai 1x.

Harddisk akan dikembangkan dengan platter kaca, agar harddisk dapat dipadatkan dengan ukuran yang sama tapi kapasitas lebih besar. Hoya mengembangkan platter harddisk sejak tahun 2017, dan pengembangannya akan digunakan untuk harddisk kapasitas besar ukuran 3,5 inci. Salah satu yang dapat memanfaatkan teknologi harddisk platter glass adalah HAMR

Toshiba UFS 2.1 kapasitas 256GB BiCS3 Flash. Membutuhkan waktu cukup lama, Toshiba kembali mengumumkan teknologi memory UFS 2.1. Tahun 2019, Samsung siapkan eUFS 2.1, smartphone memiliki 1TB Storage. Galaxy S10 akan mengunakan storage terbesar dengan kecepatan tranfer 1GB perdetik

Qualcomm menyiapkan seri procesor Snapdragon 8cx. Tapi yang ini untuk notebook atau laptop hemat power. Qualcomm mengatakan procesor seri Snapdragon 8cx hanya untuk notebook hemat power. Dan bukan berbicara notebook atau laptop gaming dengan kemampuan sangat besar. Mampu menampilkan gambar 2 monitor 4K, 16GB RAM dan storage NVMe

Earphone khusus untuk smartphone, tapi kualitas sedikit diatas standar earphone bawaan smartphone, yang umumnya hanya bersuara pas saja. Berbeda dengan realme Bud memiliki tingkat suara bas 160% lebih besar. Mengunakan driver 11mm.

TP-Link Archer C5400X dirancang untuk kecepatan. Khusus jaringan Wireless network untuk antusias dan gamer. Wireless router TP-Link Archer C5400X memiliki RangeBooster. Notebook dan smartphone dapat tetap terhubung dari lantai bawah sampai ke halaman belakang.

TP-Link Archer C2700 adalah tipe router archer mengunakan chip Intel. Dilengkapi 4 Gigaport, dengan standar frekuensi WIFI AC2600 untuk kecepatan 1733Mhz di 5Ghz dan 800Mbps pada frekuensi 2,4Ghz. 2 port LAN yang tersedia dapat tersambung dengan 2Gbps dan kompatibel dengan NAS.

Xiaomi Mi 300Mbps WIFI Range Extender terintegrasi dengan 2 antena. Berfungsi sebagai perangkat menambah jarak sinyal WIFI. Dibuat dengan warna hitam, dan disain minimalis. Xiaomi Mi 300Mbps WIFI Range Extender dapat dipasang langsung ke konektor power listrik.

Marseille mCable mampu memperbaiki Graphic Card di PC dan otomatis menghaluskan gambar grafik. Mengunakan chip internal, gambar 3D tidak di setting dari driver dan bercak gradasi akan langsung dibuat halus di monitor

Samsung SmartCam adalah camera keamanan untuk merekam sekualitas Full HD. Camera Samsung SmartCam dapat digunakan untuk di dalam ruangan atau luar ruangan / outdoor CCTV. Terhubung ke WIFI  dan pengaturan dengan aplikasi.

Mirip seperti kinerja Range Extender dan Access Point. TP-Link Deco M5 Kit  paket 3 unit, terhubung ke alat utama dan  relai sinyal WIFI ke seluruh rumah. Setup perangkat mudah dari aplikasi smartphone dengan Bluetooth

Xiaomi Mi Panoramic Camera atau Xiaomi Mi Jia  360 tampil dengan 2 sensor depan belakang. Keunikan camera ini dibuat berukuran tipis dan multi fungsi. Merekam video 30fps dan 60fps. Dan membuat video dengan lebar 2304x1152 pixel.




No popular articles found.