Software | 25 February 2019

Network Connections Android monitor aplikasi mengunakan internet bahkan bekerja background


Aplikasi Android umum membutuhkan koneksi internet. Untuk memberi data, mendownload update, lokasi, dan lainnya.

Aplikasi media sosial membutuhkan koneksi internet untuk update. Sekaligus mencatat penguna, termasuk memanfaatkan data yang mereka butuhkan.
Sama seperti aplikasi Chatting,  dan lainnya, semua yang terhubung ke internet.

Beberapa aplikasi sederhana seperti QuickPic untuk membuka file gambar atau foto. Terhubung ke sebuah server yang ada di jaringan Alibaba.
Demikian juga aplikasi All In One Toolbox, tool paling banyak digunakan untuk cleaner storage, dan optimalisasi smartphone.
Walau fungsi aplikasi dapat bekerja tanpa koneksi internet, di dalam aplikasi memiliki fungsi untuk terhubung ke internet.

Sudah biasa aplikasi dibuat agar tetap terkoneksi ke internet, walau aplikasi Android yang kita kira bekerja sebagai aplikasi offline seperti game, tool, astronomi, foto, video.
Bila dibutuhkan, aplikasi akan mengambil dan mengirim data ke server mereka. Baik untuk tayangan iklan sebagai upah pekerjaan mereka, mengambil data lokasi dari pemakai dan hal lainnya.

Sebagian besar aplikasi sangat baik, dan tidak berbahaya. Hanya mengambil data aktivitas, berapa banyak user mengunakan app mereka, atau memberi informasi update secara periodik.
Walau ada juga yang mengunakan data terlalu banyak menurut "kita", asalkan aplikasi yang kita install masih dalam batas wajar mengunakan koneksi internet.

Google dari Sistem Android, pasti terhubung ke internet. Seperti download pembaruan aplikasi, bukan hanya file aplikasi yang di download dan selesai sudah setelah di install.

Google memerlukan data, dari perangkat apa yang mendownload, berapa kali, dimana yang mendownload dan lainnya.
Karena Google adalah pembuat Android membutuhkan data penguna, sekaligus menjaga bila satu perangkat menginstall aplikasi berbahaya, mencari ponsel hilang dari data terakhir, keamanan login dan lainnya.



Whatsapp juga demikian, harus terhubung ke internet.
Dan layanan Facebook untuk kebutuhan informasi yang mereka butuhkan, dari lokasi, tempat foto, serta si pengirim.

Bagaimana kita mengetahui kemana data yang dikirim oleh aplikasi.
Berapa besar data yang dikirim.

Apakah aplikasi aktif mengunakan internet, atau terlalu aktif mengunakan paket data kita.
Yang ini dapat merugikan kita sebagai penguna smartphone, smartphone Android hanya buka Facebook tanpa di update malah mengunakan koneksi paket data internet ?.

Di computer sangat mudah memblok IP yang terhubung dari software. Dapat di blok melalui HOST file, dengan mudah kita mengetahui kemana saja software menghubungi server mereka.


Secara teknik dengan melihat, kemana saja port koneksi masih terhubung
Tapi di smartphone tidak semudah computer.

Aplikasi Network Connections
Dapat mengetahui sebuah aplikasi yang bekerja, berapa banyak paket data yang dipakai, baik data masuk dan keluar dan kemana aplikasi terhubung.
Walau secara teknik kita harus mengerti tentang koneksi internet.

Aplikasi Network Connections dapat di download dari Play Store

Setelah di Install, seperti gambar dibawah ini adalah bagian setting.

Apa saja yang kita ingin ketahui, dan perlu di monitor serta aktivitasnya perlu dicatat.
Misal kita tidak perlu tahu Sistem Android (Android System) memang harus terhubung ke internet. Dan di abaikan dengan meng-Tick bagian tersebut. Karena tidak ada kepentingan kita mengetahui kemana saja sistem Android terhubung ke internet.

Bagian penting Alert.
Bila ada aplikasi yang bersembunyi, kebetulan kita tidak tahu. Aplikasi Network Connections dapat memberikan notifikasi atau pemberitahuan.
Khususnya bagi mereka yang suka nakal mendownload aplikasi di luar Play Store. Bisa saja aplikasi sudah disusup oleh aplikasi lain dengan tujuan tertentu.

Clear Database
Dimanfaatkan untuk membersihkan catatan yang sudah dibuat oleh aplikasi Network Connections.
Misalnya kita ingin mengetahui lebih lanjut, dan membersihkan data yang sudah dicatat. Lalu mengulangi proses menditeksi aplikasi yang terhubung ke internet.

Start Live Capture.
Network Connections akan mulai mencatat setiap aplikasi yang terhubung ke internet. Baik yang background / idle (kelihatannya idle), atau yang sedang bekerja.

Setelah aplikasi aktif, maka akan tampil beberapa aplikasi yang aktif dan dapat terlihat sedang terhubung ke internet secara realtime

Aplikasi Android Network Connection

Dibawah ini aplikasi All in One Toolbox, aplikasi untuk membersihkan storage, mengoptimalkan sistem Android smartphone.


Walau disebut tool Android, aplikasi terhubung ke 2 server. Satu ke Facebook dan satu lagi ke Amazon Datacenter.

Dari aplikasi informasi aplikasi Network Connections, tidak ada keterangan bila aplikasi tool ini berbahaya.
Seperti mengambil data pribadi penguna.
Hanya melaporkan aplikasi All in One Toolbox terhubung ke sebuah server Amazon, yang berlokasi di Singapura bagi penguna di Asia.

Aplikasi tool terhubung ke server internet

Beberapa aplikasi lain yang favorit dapat diketahui kemana aplikasi terhubung ke internet.

Whatsapp
Terhubung ke server Facebook. Karena Facebook sudah memiliki Whatsapp
Youtube, terhubung ke salah satu server milik Google. Karena Youtube dimiliki Google, tentu server yang terhubung akan dinamai Google LLC.
Gojek, dengan layanan di Indonesia. Juga menghubungi satu server milik Facebook. Karena Gojek dapat login dengan account Facebook. Unniknya aplikasi Gojek di Indonesia, tidak terhubung ke server yang berlokasi di Indonesia. Mungkin Gojek membutuhkan kecepatan, dimana beberapa penempatan server harus ditempatkan ke sebuah data center besar.

Dari 3 aplikasi terlihat aman saja.

Memeriksa aplikasi Android terhubung ke server internet

MyIM3 aplikasi provider telekomunikasi Indonesia
Mengunakan 4 server, dan tidak ada yang berada di Indonesia
Mengunakan layanan server Amazon datacenter

Untuknya 2 server masuk daftar Abuse RBL.
Tidak jelas mengapa aplikasi MyIM3 menghubung ke server yang dicurigai.

Aplikasi di curigai mengambil data

Fungsi utama Network Connections.
Setelah kita mengetahui, informasi apa yang diberikan di aplikasi



Cara mengaktifkan Network Connections berfungsi untuk mencatat semua data keluar masuk dari internet melalui Android.

Aplikasi akan mencatat berapa KB, MB yang digunakan.
Misal kita mengaktifkan selama 5 jam 10 jam bahkan selama 24 jam.
Atau mulai mencatat ketika malam hari sementara smartphone aktif, dan pagi hari kita dapat mengetahui berapa banyak aplikasi menghabiskan paket data internet.

Cara mengetahui aplikasi mengunakan internet

Karena kita tidak dapat mengetahui secara langsung, seperti aplikasi yang bekerja secara background, atau hidden tersembunyi tapi aplikasi diam diam bekerja.

Sementara setiap pagi kuota internet mendadak sudah banyak terpotong.
Bahkan aplikasi sudah di Force Close, ditutup untuk tidak bekerja ternyata bisa saja aktif kembali.

Mungkin ada satu aplikasi yang menghabiskan paket data sangat besar, sementara kita tidak tahu aplikasi yang mana yang mengunakan internet sangat besar.
Dapat dilihat dari jumlah pemakaian data koneksi dari aplikasi.

Disini kita akhirnya mengetahui, aplikasi apa saja yang boros kuota internet.
Dan di nonaktifkan bila tidak diperlukan, karena hanya menghabiskan koneksi data yang tidak perlu.
Bila satu aplikasi mengunakan koneksi paket data, kalau 10 aplikasi yang tidak dipakai untuk apa ?

Kinerja aplikasi Network Connections Android seperti dibawah ini



Dari setting Android, dengan menu Setting - Apps. Dapat dilihat aplikasi yang bekerja Running. Tetapi laporan pemakaian koneksi data internet dibuat total ketika smartphone mulai aktif.

Network Connections. Dapat memeriksa aplikasi kapan saja. Misal kita ingin memeriksa ada aplikasi yang aneh dan aktif terhubung ke internet selama 1 jam. Dengan mengaktifkan Start Live Capture. Maka aplikasi mulai mencatat, dan kapan saja kita dapat memeriksa paket data yang masuk dan keluar.

Cukup melihat bagian Current Connection, setiap aplikasi yang masih aktif walau anda hanya menaktifkan layar smartphone. Dapat ditampilkan oleh Network Connections secara langsung.



Bila terdapat satu aplikasi yang muncul, dan terlihat terus ada di daftar  Current Connection, dan jumlah koneksi data internet terus meningkat. Patut dicurigai aplikasi tersebut menghabiskan koneksi internet.

Connection Log dapat memberikan kapan aplikasi terakhir aktif, serta durasi aplikasi bekerja.

Aplikasi Network Connections memang sederhana. Tetapi fungsi untuk membantu mengetahui apakah ada aplikasi di smartphone yang cukup agresif bekerja, termasuk mengunakan koneksi internet. Itu salah.
Dan aplikasi dapat terus memonitor, siapa saja aplikasi yang nakal nakalan menghabiskan paket data di ponsel kita.


Artikel Lain

Apa perbedaan Cast, Miracast, ChromeCast dengan Screen Mirroring. Tampilannya mirip tapi keduanya berbeda fungsi. Cast untuk mengirim gambar 1 arah, dari ponsel ke perangkat Android, Miracast dan lainnya. Sedangkan Screen Mirroring dapat mengkontrol perangkat sekaligus untuk Cast.

Microsoft akan menghentikan dukungan aplikasi Android dapat bekerja di Windows 11. Subsystem Windows 11 Android relatif baru, kelihatan hanya menjadi biaya Microsoft sendiri. Mitra AppStore Amazon hanya memberi pendapat minimal.



Youtube Create, rilis di 21 negara termasuk Indonesia. Edit video Short durasi pendek langsung ke Youtube. Gratis lagu, keterangan text, edit video di satu aplikasi. Selesai upload ke Youtube langsung. Satu aplikasi editing video untuk semua fitur.

Network Type Switcher sebuah aplikasi berbasis code smartphone dengan ukuran kecil. Aplikasi dapat memudahkan memilih jaringan, mengunci koneksi koneksi data lebih tinggi. Juga dapat menonaktifkan sinyal ponsel bila diperlukan.

Bila ponsel memiliki fitur infrared dapat remote TV. Memiliki Smart TV dapat di remote dari ponsel, mengunakan koneksi WIFI. Dapat dilihat apakah smartphone memiliki IR blaster. Aplikasi ini mendukung banyak perangkat untuk remote TV lama, sampai SmartTV, Android TV, TV Box Android

Adaptor Leo USB-C ini dapat menjaga pengisian baterai smartphone agar lebih awet. Membantasi sampai 90% agar usia baterai lebih lama. Disebut kontrol pengisian pintar, dapat membatasi charging untuk smartphone, headphone wireless, speaker wireless dan lainnya.

Update Driver Intel WIFI Feb 2023 untuk WIFI Intel di computer, notebook Wireless dan Bluetooth. Terhubung ke WIFI 6E mungkin terjadi kendala WIFI tidak bisa terhubung. Driver Intel WIFI dan Bluetooth perbakian BSOD dan lebih stabil



Samsung rilis Dropship kapasitas 5GB perhari. Google menyiapkan aplikasi Google Files. Xiaomi Shareme mendukung OS Android model lama. Mengirim file ke smartphone lain akhirnya mendapakan solusi lebih mudah

Sinyal WIFI lemah, dengan WIFI Router dan Access Point dan pindah manual. Aplikasi WIFI Switcher, otomatis memindahkan  sinyal WIFi. Khusus untuk koneksi 2 WIFI Router atau lebih di rumah, smartphone dapat diatur mendapat koneksi paling kuat dan stabil

Cara memeriksa file online file App Android atau program Windows. Dapat memeriksa ukuran file 650MB (2023). 4 layanan dapat digunakan memeriksa apakah file terinfeksi dan menganggu computer OS Windows. Tahun 2023, tambahan pemeriksaan Cyber Threat Intelligence (CTI) dengan IP Criminal.

Aplikasi Google Phone sekarang dapat merekam panggilan dari nomor tak dikenal secara otomatis. Rekaman panggilan adalah fitur bermanfaat dan dapat berguna dalam situasi tertentu. Sementara software telepon dari produsen smartphone telah lebih dulu, Google Phone terlihat lebih baik.

Aplikasi Android untuk meampilkan informasi load CPU, suhu smartphone, pemakaian RAM, dan kecepatan internet. Informasi dari hardware smartphone tampil realtime, seperti load CPU ketika bekerja, kapasitas RAM yang terpakai, sampai kecepatan trafik WIFI di layar smartphone.

Storage smartphone penuh, tapi tidak tahu penyebabnya. Smartphone mengunakan cache dan temporary file, kadang file tertinggal di smartphone tanpa terlihat. Aplikasi membersihkan file dari internal memory, dapat melihat file apa yang tertinggal dan membuat storage penuh.

Photoshop Camera aplikasi camera Android dengan kecerdasan buatan. Menampilkan otomatis filter ketika foto akan diabadikan. Atau membuat efek blur di latar belakang. Adobe masih menguji disain AI di aplikasi Photoshop Camera. Resmi di rilis ke publik.



Setiap smartphone Android memiliki kode tersembunyi. Kode tersebut untuk melihat data smartphone seperti fitur camera, statistik, WIFI, backup dan fitur test hardware. Tetapi kode tersebut cukup panjang dan tidak mudah di ingat. Seperti *#*#4636#*#* dapat melihat statistik smartphone

Battery saver adalah fitur tersendiri di setiap OS smartphone produsen dan sudah ada sejak membeli smartphone. Fitur hemat baterai, membuat daya tahan baterai smartphone lebih lama. Ketika baterai Low, apakah anda tahu apa yang dilakukan smartphone. Ketika aplikasi tidak bekerja semestinya yang seharusnya tetap bekerja.

Face App aplikais membuat wajah lebih cantik tampan atau keren, merubah gaya rambut boleh dibilang keren. Juli 2019 ada kabar aplikasi tersebut mengambil biometrik wajah penguna, atau mengambil data foto penguna ke server mereka. Kenali dahulu bagaimana sistem aplikasi FaceApp ini bekerja. Karena prosesnya memang tidak dilakukan di smartphone, melainkan di server FaceApp.

Cara membatasi pemakaian kuota internet. Agar tidak melewati batas kuota, dan otomatis network / koneksi ke internet di nonaktifkan otomatis. Fungsinya agar smartphone dapat menentukan kapan batas kuota internet habis, dan smartphone memutuskan koneksi paket data.



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.