Planet HD 21749b berada di suhu keseimbangan walau ukuran planet berbatu yang bongsor


Science | 9 March 2019

Penemuan planet ke 3 dari peralatan TESS

Planet yang disebutkan dalam berita ini dinamai HD 21749b, dan ditemukan oleh misi TESS (Transiting Exoplanets Survey Satellite) NASA sebagai perangkat terbaru.

Yang membuatnya menarik dari planet HD 21749b adalah beberapa kombinasi unik. Salah satu dari mereka saja tidak akan menjadi masalah besar, tetapi kombinasi ini membuat planet ini cukup signifikan. :

Ukuran planet HD 21749b tiga kali diameter Bumi dan memiliki massa 23 kali dari Bumi, sehingga ukurannya lebih besar dari planet menengah.
Memiliki komposisi yang sangat padat, dengan ukuran yang besar tapi memiliki radius 3x lebih besar dari Bumi.

Planet dengan ukuran tersebut tidak biasa, dengan kerapatan planet dapat disimpulkan dari HD 21749b berada tepat di garis pemisah antara planet berbatu, mirip Bumi , walau ukurannya lebih besar, tetapi memiliki dunia seperti Neptunus.

Para ilmuwan sangat ingin memahami mengapa planet-planet tampaknya berada di posis berbeda dengan ukurannya.

Sebenarnya tidak ada yang aneh tentang suhu HD 21749b, berada di. "Temperatur kesetimbangan" -atau sekitar 300 derajat F / 148 derajat Celcius

Rentang planet tidak dapat diukur dengan lingkungan yang mendukung kehidupan seperti iklim di Bumi. Planet memiliki rentang dalam kondisi ekstrim. Dari suhu yang sangat dingin dan suhu sangat panas.
Untuk planet HD 21749b disebut berada pada suhu keseimbangan.
Artinya planet memiliki lonjakan panas, tentu saja tidak terlalu dingin menurut standar manusia untuk hidup.

Ilustrasi planet HD 21749b

Planet HD 21749b berada di suhu keseimbangan walau ukuran planet berbatu yang bongsor



Tapi kondisi planet relatif menarik dibandingkan dengan beberapa Super Earth atau planet super-Bumi dan mini-Neptunus lainnya yang pernah diketahui.

Tidak ada planet yang setara di tata surya kita sendiri dan tidak ada yang sama persis. Kita tidak tahu banyak seperti apa kondisi di dunia seperti itu, walau disebut berada di suhu keseimbangan.

Sekarang peneliti mencoba mencari tahu
Planet  HD 21749b jaraknya tidak terlalu jauh, berada cukup dekat (53 tahun cahaya), dan mentransaksikan bintangnya, yang berarti planet itu melintas tepat di depan bintang dan mengeluarkan bayangan kecil seperti yang terlihat dari Bumi. Dengan demilian peneliti dapat mengukur seperti apa planet HD 21749b

Menyaksikan bagaimana cahaya bintang melewati atmosfer planet dapat mengungkapkan komposisi planet, lapisan atmosfernya, dan bahkan keberadaan awan jika ada disana.

Planet HD 21749b memiliki gabungkan semua karakteristik. Peneliti mengatakan menyebutnya planet yang aneh. Planet berbatu yang hangat dengan atmosfer tebal (kemungkinan interpretasi HD 21749b), walau jumlah planet yang ditemukan tidak terlalu banyak seperti planet ini di galaksi kita..

Paling menarik tentang HD 21749b adalah planet ini tidak sepenuhnya aneh
Ini hanya sedikit lebih besar dan lebih panas dari Bumi, menjadikannya subjek uji utama.
Dan posisi planet yang umumnya berada ditengah, tapi HD 21749b berada di posisi depan dari arah bintang induk.

Planet seperti HD 21749b dapat mengajarkan kita banyak hal tentang dunia macam apa yang benar-benar dapat mendukung kehidupan, dan beberapa planet berada di lingkungan yang keras dan tidak ramah.

Tentang tata surya HD 21749.
Bintang HD 21749.memiliki ukuran 0,68 lebih kecil dari massa matahari. Berada di konstelasi Reticulum dan ditemukan pada 9 Januari 2019.
Cahaya bintang hanya 0,2 lebih rendah dari matahari.

Disana baru ditemukan 2 exoplanet, kemungkinana berbatu. Satu planet disebut Sub Neptunus dan dinamai HD 21749b.
Jarak planet cukup dekat ke bintang induk, hanya 0,2x jarak bumi ke matahari.

Satu planet lain dinamai HD 21749c untuk sementara.

Bintang HD 21749


Berita terkait
Planet Wolf 503b diketahui sebagai Exoplanet. Berada pada jarak 145 tahun cahaya dari Bumi. Ditemukan pada tahun 2018. Planet Wolf 503b lebih mudah diteliti karena data dari planet dapat terlihat ketika melewati bintang induknya. Sejauh ini tipe planet Wolf 503b belum ditemukan memiliki bentuk dan posisi yang sama di galaksi kita.

Astronom menemukan sebuah planet liar dan tidak mengorbit ke bintang. Ukuran 12x massa planet Jupiter dengan medan magnit sangat kuat. Pertama kali sebuah planet Rogue atau planet tanpa mengobit ke bintang induk, bahkan ditemukan karena terditeksi dari emisi radio. Bahkan peneliti mengatakan jangan jangan ada puluhan ribu planet liar seperti ini di galaksi kita.



Kemungkinan planet ini memiliki bahan logam di atmosfernya sebagaimana dinilai oleh 'sidik jari' dalam analisa spektrum planet. Masih diteliti apakah ada kandungan air. Planet ini bukan target untuk ditinggali oleh manusia, karena sangat dekat ke bintang induk. Tapi merupakan salah satu planet langka yang dapat terbentuk di tata surya lain.

Rover Mars 2020 adalah robot yang akan dikirim ke planet Mars. Mengumpulkan sampel batuan dan analisa lingkungan di planet Mars, dan sampel dikirim kembali ke Bumi untuk dipelajari. Dari 7 rover milik Nasa, baru 1 rover ini yang memiliki kemampuan khusus

Sebuah tata surya dengan jarak 11 tahun cahaya dari Bumi kembali ditemukan, disana terdapat planet. Planet Ross 128b berada di posisi yang tepat atau dikenal Goldilock. Planet ke 2 paling dekat ke Bumi setelah planet yang ada di Proxima

Sebuah planet MOA-2016-BLG-227Lb ditemukan, tapi ukurannya 3x lebih besr dari planet Jupiter. Planet ini ini mengorbit ke sebuah bintang coklat atau disebut juga bintang kerdil dalam kelas bintang M.

Mendeteksi sebuah planet yang memiliki atmofer seperti Bumi bukan hal istimewa. Tapi menemukan planet dengan atmofer dengan ukuran kecil seperti Bumi, ceritanya berbeda. Planet GJ 1132b ini menarik, diketahui memiliki atmofer dengan ukuran 1,4x lebih besar dari Bumi.



Planet Tap 26b ditemukan awal Januari 2016. Masuk sebagai planet bongsor dan lebih besar dari planet Jupiter, tapi planet ini sangat panas. Bahkan berada dekat dengan bintang induknya TAP 26. Jangan berharap mampir di planet seperti ini.

Di tahun 2010, Pan-STARRS1 atau Panoramic Survey Telescope and Rapid Response System mulai mengambil gambar. Sampai seluruhnya selesai, dapat dicetak sepanjang 2,4km. Bahkan memerlukan kaca pembesar untuk melihat objek yang tersembunyi




No popular articles found.