Power Schedule Android otomatis on off paket data dan WIFI jam dan waktu


Software | 3 April 2019

Banyak aplikasi untuk mengatur waktu, paket data, aktivitas WIFI, termasuk fitur menghemat baterai.

Seperti WatchDog Android, dapat mengatur pemakaian data internet. Yang lain dengan aplikasi mengatur kuota pemakaian internet.

Hal utama dari smartphone Android tidak mudah. Dan banyak kebutuhan, kendala dari pembuat aplikasi untuk memenuhi keinginan penguna.

Aplikasi kadang dibuat terlalu lengkap, tapi membutuhkan ukuran file besar,  kadang terlalu rumit untuk digunakan. Sampai user meng-uninstall karena merasa kurang cocok dengan sebuah aplikasi.

Power Schedule mungkin salah satu aplikasi yang kita butuhkan. Aplikasi hanya 400KB, mengatur sistem smartphone untuk otomatis menonaktifkan dan mengaktifkan koneksi, termasuk untuk reboot, sampai mematikan smartphone otomatis.

Kita lihat dahulu kebutuhan dari fitur aplikasi ini.

Aplikasi otomatis on dan off paket data internet harian atau mingguan.

Masih ada provider di Indonesia memberikan paket dengan waktu. Dari harian, mingguan.
Kita dapat mengatur kapan paket data harus di nonaktifkan sesuai batas waktu dari paket internet.
Bila kita mengambil paket internet  1 hari pada jam 9 malam untuk digunakan esok hari. Dapat diatur koneksi paket data otomatis di Off pada jam 7 sore.
Kita akan tahu bahwa paket internet telah kita Off, dan paket data harus di hentikan manual sebelum dikenakan paket lanjutan. Jadi sebagai pengingat agar kita tidak terkena paket lanjutan.

Menghemat baterai dan kuota.

Dapat diatur setiap hari pada jam tertentu. Paket data atau WIFI dapat di aktifkan dan di nonaktifkan
Seperti aktivitas rutin keluar rumah setiap jam 7, maka koneksi WIFI di rumah dapat di off dengan Power Schedule.
Dan smartphone otomatis memindahkan ke koneksi data. Kembali ke rumah pada jam 7 malam, dapat diatur WIFI kembali On secara otomatis.

Mengatur waktu untuk istirahat dan menjauhi internet.

Kita dapat mengatur kebiasaan waktu tidur, dan tidak ingin terganggu dengan pesan dari smartphone.
Koneksi WIFI dan koneksi data internet dapat di Off. Seperti mengatur jam 12 malam sampai jam 5 pagi, smartphone tidak lagi aktif mengunakan koneksi internet.


WIFI dan Data di off untuk sementara waktu, dan kembali On setelah jam 5 pagi.
Bila penting, maka nereka yang ingin menghubungi, dapat melakukan panggilan dari telepon biasa.

Mungkin banyak lagi fungsi lain. Seperti smartphone digunakan untuk sistem keamanan. Dan hanya aktif terhubung ke internet melalui Data dan WIFI pada waktu tertentu.

Setidaknya dengan aplikasi Power Schedule, kita dapat otomatis menghentikan koneksi baik data dan WIFI sementara waktu. Dan dapat menghemat baterai smartphone untuk hal yang tidak terlalu penting.

Pengaturan Power Schedule

Karena aplikasi hanya memiliki pengaturan sederhana, dan dibuat terbatas.
Hanya 2 setting untuk mengatur smartphone Android kita

Add Event untuk membuat perintah baru, untuk menonaktifkan dan mengaktifkan.
View Event menjadi daftar waktu yang kita buat, dan dapat di edit ulang bila diperlukan.

Timer, waktu menunjukan icon Play. Artinya setting waktu yang ditentukan aktif
Icon Pause, diartikan waktu yang ditentukan sementara tidak kita gunakan

Pengaturan On dan Off dari Power Schedule.

Aplikasi dapat menonaktifkan dsn mengaktifkan kembali

Menonaktifkan dan mengaktifkan panggilan telepon
Menonaktifkan dan mengaktifkan koneksi WIFI
Menonaktifkan dan mengaktifkan koneksi Bluetooth
Menonaktifkan dan mengaktifkan koneksi data
Merubah setting ring
Hanya untuk smartphone Root, dapat diatur untuk reboot ulang, atau shut down.

Otomatis on dan off paket data dan wifi android

Video dibawah menerangkan cara mengatur smartphone otomatis On dan Off paket data dan WIFI dengan bantuan aplikasi.
Ada beberapa setting yang perlu diatur, jadi jangan lupa aplikasi ini juga dapat mengkontrol pada hari tertentu.
Pastikan di uji terlebih dahulu, apakah aplikasi memang bekerja dengan baik di smartphone anda.






Dengan ukuran file sangat kecil. Aplikasi dibuat terbatas untuk pengaturan waktu On dan Off saja.
Serta maksimum setting 7 waktu saja untuk versi gratis.

Power Schedule tidak selengkap aplikasi berbayar. Walau sederhana, aplikasi Power Schedule Android yang sederhana mungkin lebih tepat kita gunakan.

Karena pengaturan yang sederhana untuk mengatur secara otomatis waktu paket dapat di On dan Off. Serta menonaktifkan panggilan telepon dan WIFI dalam periode tertentu.

Power Schedule Basic dapat di download via Play Store, tetapi dikeluhkan oleh penguna. Karena tidak bekerja di semua smartphone.

Aplikasi tersedia versi Ads juga tersedia dari pengembang. Mohon di periksa komentar dari pembaca, beberapa penguna mengeluhkan hanya bekerja di smartphone versi Root - link Play Store Power Shedule versi Ads

Alternatif lain dengan MacroDroid fitur lebih lengkap

Berita terkait
RTX 3000 masuk top end VGA dengan RTX 3080 dan RTX 3090.
AMD masuk daftar dengan RX 5700 XT dengan kebutuhan power 225W, disusul RXT 2070 Super 215Watt dan AMD RX 5700 180Watts. Nvidia GTX 1660 Super masuk di kelas FHD untuk mainstream Esport kebutuhan power 125W

Storage smartphone penuh, tapi tidak tahu penyebabnya. Smartphone mengunakan cache dan temporary file, kadang file tertinggal di smartphone tanpa terlihat. Aplikasi membersihkan file dari internal memory, dapat melihat file apa yang tertinggal dan membuat storage penuh.



Aplikasi untuk tranfer file untuk smartphone ke smartphone. Tanpa melewati WIFI Router atau Hotspot. Files LLC aplikasi untuk tranfer file offline. Dan ShareMe XIaomi lebih sederhana, untuk mengirim file antar smartphone langsung. Google Nearby Share dirilis Agustus 2020

Software editing video Adobe Premiere Pro biasanya disukai oleh penguna computer yang memiliki GPU Nvidia seperti proses dengan CUDA, atau Intel dengan QuickSync. Kali ini AMD bergabung dengan 2 produk Intel dan Nvidia. AMD mengatakan Premiere Pro terbaru dari update Adobe 14.2 telah menambah fitur AMD GPU untuk Media Encoder

Battery saver adalah fitur tersendiri di setiap OS smartphone produsen dan sudah ada sejak membeli smartphone. Fitur hemat baterai, membuat daya tahan baterai smartphone lebih lama. Ketika baterai Low, apakah anda tahu apa yang dilakukan smartphone. Ketika aplikasi tidak bekerja semestinya yang seharusnya tetap bekerja. Produsen dapat menempatkan sistem OS penghemat baterai, dan mengeluarkan aplikasi yang berjalan tanpa kita ketahui

Android x86 adalah OS Android yang bekerja di computer. Dapat di Install di computer, menjalankan aplikasi Android di computer dan memainkan game Android di layar computer. Android X86 dapat di install di computer dan notebook. Dibutuhkan USB drive atau CD.

Aplikasi Android smartpone Avast Cleanup untuk membersihkan storage dan RAM smartphone.Seperti file temporary, cache, sampai menghentikan aplikasi yang memakai sumber di smartphone. 20% file di storage hanya file yang tidak perlu tapi tetap disimpan karena user tidak tahu file tersebut ada.



AutomateIt dan MacroDroid Tool untuk menugaskan smartphone Android. Diaktifkan dengan waktu, SMS, kondisi baterai, bluetooth, jack audio, lokasi, WIFI, koneksi data, panggilan telepon. Kirim SMS , smartphone bisa diperintah mengambil foto. Atau mengirim ke email. Mengirim lokasi smartphone dengan pesan SMS tertentu

Hotspot Control aplikasi Android, memiliki fitur mengaktifkan Portable Hotspot di smartphone. Lebih praktis untuk berbagi akses internet dari smartphone ke notebook atau smartphone lain. Cocok untuk mereka yang ingin berbagi akses internet, nebeng internet selama di perjalanan.

Face App aplikais membuat wajah lebih cantik tampan atau keren, merubah gaya rambut boleh dibilang keren. Juli 2019 ada kabar aplikasi tersebut mengambil biometrik wajah penguna, atau mengambil data foto penguna ke server mereka. Kenali dahulu bagaimana sistem aplikasi FaceApp ini bekerja. Karena prosesnya memang tidak dilakukan di smartphone, melainkan di server FaceApp.

Android Fast Share aplikasi Android memberikan kemudahaan berbagi file tanpa jaringan / network. Seperti fitur pesaing iPhone dengan app AirDrop. Mengunakan jaringan Bluetooth atau WIFI DIrect diaktifkan pada smartphone. Mengirim file atau koneksi 2 smartphone langsung tanpa dibantu perangkat lain. Google berencana membuat fitut tersebut di Android, tampil Screenshot aplikasi Fast Share

Aplikasi Android untuk memonitor koneksi internet, pemakaian bandwidth internet, durasi aplikasi bekerja, aplikasi background yang diam diam mengunakan koneksi internet, aktivitas aplikasi.Network Connections bermanfaat untuk mengetahui bila ada aplikasi yang tidak tidak terlihat tapi bekerja dan mengakses data internet dari smartphone.

fRute Google Maps dapat dipindah ke smartphone. Menjadi peta jalan permanen dan disimpan dalam bentuk file GPX. Untuk ekspor rute Google Maps ke GPX, sebelumnya tersedia di layanan Google Maps. Tapi sekarang terlihat sudah dihapus. Untuk mencopy rute peta Google Maps masih ada tip lain. Sehingga rute jalan yang dibuat, di ekspor ke file GPS dan dapat dilihat di smartphone Android

Salah satu software edit foto di Android, update versi 3. Untuk mengatur mengatur warna, kecerahan gambar, crop agar komposisi foto lebih baik Foto dari smartphone. Fitur baru dapat mengambil foto RAW dalam format DNG



Cara membatasi pemakaian kuota internet. Agar tidak melewati batas kuota, dan otomatis network / koneksi ke internet di nonaktifkan otomatis. Fungsinya agar smartphone dapat menentukan kapan batas kuota internet habis, dan smartphone memutuskan koneksi paket data.

Kadang suara smartphone membuat orang lain tertawa. Atau kita memang bosan mendengar suara yang sering terdengar di smartphone. Bagaimana menganti atau menambah suara di smartphone Android. Misal menganti suara Ringtone atau Notification.

Setting Android 4G LTE , 3G atau 2G. Dapat mempercepat internet di smartphone dengan 4G LTE bila berada di area 4G.Fitur. Fitur lain mematikan layanan sinyal radio smartphone Android bila tidak terpakai.

Beberapa aplikasi untuk melihat trafik internet. Cara melihat kecepatan internet yang sedang berjalan dapat mengunakan aplikasi Android. Setidaknya ada 4 dan diberikan gratis tanpa Nag Ad. Yang sederhana, atau tambahan dengan mencatat pemakaian bandwidth internet.

Bluestacsk adalah emulator OS Android. Dapat menjalankan aplikasi Android di Windows. Computer dapat mengaktifkan Bluestacks, nantinya akan muncul ukuran layar seperti tablet. Disanalah aplikasi OS Android bekerja dan penguna bisa menginstall aplikasi apa saja atau download aplikasi di Google Chrome mengunakan PC.

Ingin baterai notebook anda bertahan lebih lama. Biasakan tidak mengisi terlalu penuh, dan mencabut charger dari notebook. Aplikasi Battery Limiter akan memberikan peringatan bila kapasitas baterai terlalu penuh. Sehingga tidak merusak baterai notebook anda. Usia baterai notebook dapat lebih lama dipakai.

Google menambah dukungan bahasa untuk Text to Speech Engine dalam bahasa Hindi dan Indonesia. Penguna smartphone di Indonesia dan India menjadi pasar smartphone Android terbesar di Asia setelah China. Indonesia menduduki rangking ke 4 jumlah penduduk terbesar di dunia disamping India dan China di posisi satu dan dua.




No popular articles found.
< /body>