Dibawah ini penjelasan dari tip dari halaman sebelumnya.

Sedikit lebih detail dan lebih teknik, karena masalah WIFI di smartphone agak unik.

Prinsip pengaturan Power Saving di Android mengikuti 2 setting berbeda untuk seluruh perangkat.

Bila koneksi WIFI sering mati mendadak, terkadang bisa terhubung ke internet terkadang mati.

Sebagai penjelasan lebih jelas dari halaman sebelumnya, dan sering menjadi pertanyaan bagi penguna smartphone.
Bila menemukan smartphone terkadang suka sambung putus, icon WIFI di smartphone muncul dan hilang. Dan koneksi internet putus nyambung, atau ketika layar smartphone menyala maka koneksi icon WIFI kembali muncul dan koneksi berjalan biasa. Ketika smartphone di diamkan, internet mendadak mati dan icon WIFI baru aktif kembali ketika layar smartphone dibuka.

Kejadian seperti ini hanya beberapa saat setelah smartphone aktif, smartphone mendadak tidak bisa menerima pesan chatting. Penyebabnya hardware WIFI di off untuk menghemat baterai, tetapi pengunanya tidak mengetahui bahwa hardware WIFI ikut di atur oleh management power saving dari smartphone

Jadi masalahnya di setting Power Management, karena secara aktif mematikan WIFI ketika layar smartphone OFF dan dianggap smartphone dalam kondisi idle.

Masalah Sleep Policy yang aktif di WIFI Android

Kemungkinan masalah di Sleep Policy dari smartphone yang telah di rubah oleh aplikasi tertentu atau oleh pemiliknya sendiri. Setting ini agak tersembunyi, mungkin saja pemilik smartphone tidak mengetahui setting Default WIFI Sleep Policy tersebut.

Untuk mencoba mencari solusi karena WIFI mendadak mati. Matikan sistem Power saving di smartphone. Bila powersaving sudah dimatikan dan smartphone/tablet bekerja normal. Belum tentu WIFI akan akan terus aktif. Ingat di perangkat Android untuk hardware dapat diaktifkan dan di nonaktifkan pada 2 setting berbeda.

Memperbaikinya bisa dirubah sendiri, hanya setting ini agak tersembunyi agar hardware WIFI tidak ikut di Off ketika Powersaving aktif.
Khususnya mereka yang mengunakan aplikasi baterai power saving atau pernah mengunakan aplikasi Battery Saver smartphone akan mengalami hal ini. Walau aplikasi sudah di un-install, setting yang dirubah masih memiliki status yang sama seperti setting dari aplikasi sebelumnya.

Kemungkinan masalah pada setting WIFI Sleep Policy sudah dirubah oleh aplikasi
Seperti keterangan di halaman pertama. Fitur WIFI Sleep Policy berguna bagi mereka yang tidak terlalu aktif mengunakan koneksi wireless (koneksi internet via router).
  • Bila tidak ada aktivitas maka hardware WIFI akan otomatis sendiri.
  • Atau WIFI hanya On bila smartphone sedang di charger, dan kembali sleep ketika tidak di charge
Bila anda memang tidak membutuhkan WIFI selalu ON, fitur ini dapat diaktifkan untuk menghemat power baterai. Pemilik smartphone juga dapat mengembalikan ke setting normal dengan WIFI tetap ON.
Bila anda perlu WIFI tetap ON. Untuk memperbaiki masalah ini : masuk ke Advance WIFI Setting di Android  dan pindahkan ke Always. Tentu  baterai smartphone akan lebih boros. Setting ini agak tersembunyi, karena baru tampil bila menekan tombol kiri bawah di smartphone (bukan tombol pada screen)


Menemukan WIFI Sleep Policy, ikuti langkah setting WIFI ada dibawah ini
  1. Masuk di bagian Wireless dan Network
  2. Pilih Wi-fi Settings
  3. Sampai di menu Wi-fi setting , tekan tombol paling kiri bawah. Akan muncul satu layar kecil dengan pilihan Scan dan Advance. Lalu pilih Advance (tombol bisa berbeda beda dari versi OS yang dipakai)
  4. Tampilan setting Advance. Untuk merubah setting koneksi WIFI pilih pilih Wifi Sleep Policy

Setting ini memang tersembunyi (contoh di Android 2.3)




Pada setting Wifi Sleep Policy, tentukan kebutuhan WIFI di smartphone anda, ada 3 opsi (pada gambar bawah). Penjelasan sesuai urutan menu pada gambar dibawah.
  • WIFI ikut mati ketika layar smartphone tidak aktif (When Screen turns off)
  • WIFI tetap aktif bila charger terhubung / sedang mengisi baterai (Never when plugged in)
  • WIFI selalu on / tetak aktif walau smartphone sleep ( Never )


Tentukan kebutuhan anda untuk setting tersebut. Apakah WIFI perlu terus On, atau Off untuk default dan baru aktif bila layar smartphone aktif. Informasi diatas hanya salah satu pemecahan masalah di perangkat untuk perangkat Android.

Dibawah ini penjelasan koneksi WIFI yang suka mati sendiri.



Selanjutnya setting di smartphone dan router, bila muncul connect, scan disconnect. Kasus ini karena masalah di OS Android dengan smartphone yang anda miliki