Konfigurasi TP-Link TL-WA850RE Range Extender

Setting TP-Link TL-WA850RE seperti WIFI Router atau Access Point. Memiliki pengaturan setting akses ke WIFI router. Pengaturan IP yang masuk dapat masuk ke perangkat TP-Link TL-WA850RE. Untuk konfigurasi lain, seperti perangkat Access Point. Tetapi fiturnya lebih sederhana.


Yang membedakan pada Profiles List.
TP-Link TL-WA850RE dapat ditambahkan daftar WIFI Router yang dapat di akses secara manual. Seperti smartphone Android memiliki daftar nama WIFI yang pernah terhubung.



Lampu indikator di TP-Link TL-WA850RE.
Dari arah kiri jam 6
  • Lampu ethernet (koneksi via LAN)
  • Lampu power
  • Lampu wireless aktif atau sudah terhubung ke WIFI Router
  • RE Range Extender
  • Dan 5 lampu di sisi kanan adalah tingkat penerimaan sinyal WIFI dari WIFI Router. Satu lampu menunjukan tingkat penerimaan sinyal WIFI dari WIFI Router utama ke TP-Link TL-WA850RE dengan tingkat 20%, 40%, 60%, 80% dan 100%.
  • Tombol di tengah untuk tombol power sinyal WIFI.



Cara kerja TP-Link TL-WA850RE Range Extender

Sebagai perangkat Range Extender, TP-Link TL-WA850RE dapat menyambung atau menambah jarak jangkauan WIFI Router utama.

WIFI Router utama digambarkan sebagai alat WIFI Router ADSL atau Cable modem yang dilengkapi antena wireless.
WIFI Range Extender adalah alat yang menangkap sinyal WIFI utama, dan disebarkan (diteruskan) kembali untuk perangkat lain.

Untuk memudahkan dilihat pada contoh dibawah ini.
Contoh pertama, sebuah rumah 2 lantai. Memiliki sebuah WIFI Router (ADSL atau Cable modem) dan diletakan di ruang bawah. Sementara di tangga menuju lantai dua, dimana sinyal WIFI mulai lemah karena terhalang dan tidak terjangkau oleh perangkat WIFI lain di sekitar lantai dua.
Bila kondisi seperti ini. Pastikan dimana sinyal WIFI mulai hilang. Dapat dicoba dengan membawa smartphone, dan lihat sampai sinyal WIFI router utama turun sampai minimum turun ke 1 bar. Dan bergerak lebih jauh lagi maka sinyal WIFI benar benar hilang. Pada titik sinyal WIFI turun ke 1 atau 2 bar di smartphone maka alat TP-Link TL-WA850RE dapat dipasang untuk memperkuat sinyal di area tersebut.

Contoh kedua, sebuah rumah yang cukup luas meletakkan perangkat WIFI Router dibagian depan. Sementara hanya diruang depan dan sekitarnya saja yang mendapatkan sinyal WIFI. Sedangkan bagian belakang rumah akan kesulitan mendapatkan sinyal WIFI atau disebut sebagai area Blank Spot. Pada titik sinyal WIFI mulai turun sampai 1 bar di tengah rumah, dan diperkirakan bila bergerak lebih jauh sinyal WIFI akan semakin lemah. Pada titik sinyal WIFI di smartphone menunjukan 1 bar tersebut dapat dipasangkan TP-Link TL-WA850RE. Agar sinyal WIFi dapat diperkuat kembali.


TP-Link TL-WA850RE harus ditempatkan pada pertemuan dimana sinyal WIFI Router sebagai sinyal WIFI utama mulai melemah dan letak dimana perangkat WIFI lain yang tidak bisa terhubung.

Dalam konfigurasi pemasangan TL-WA850RE dapat digambarkan seperti.
Wireless Router
-> jarak terakhir dimana sinyal WIFI mulai turun signifikan -> ditambahkan perangkat TL-WA850RE -> untuk diperkiat agar bisa diterima oleh perangkat WIFI lain.


Contoh. Sinyal WIFI Router utama hanya mencapai 20 meter. Lebih dari 20 meter, hanya diterima oleh perangkat dengan kekuatan 1 bar. Artinya, bila ada perangkat yang berada pada jarak 30 meter, besar kemungkinan tidak mendapatkan sinyal WIFI atau disebut daerah blank spot
Dengan menambah perangkat TL-WA850 Range Externder di titik 20 meter. Sinyal WIFI yang ditangkap bisa diteruskan agar lebih jauh. Seperti alaat ini ditempatkan pada jarak 20 meter dari WIFI Router utama, maka pada jarak 20 meter selanjutnya akan mendapatkan sinyal WIFI dari TL-WA850.

Jarak efektif dengan TP-Link TL-WA850RE dan perangkat

Sinyal WIFI dari TP-Link TL-WA850RE dibuat terbatas, karena hanya mengunakan power 3 W.
  • Untuk jarak maksimum sinyal WIFI ini, dapat mencapai jarak 5 meter akan mendapatkan sinyal 3 bar.
  • Lebih dari 8 meter, kekuatan sinyal menurun menjadi 2 bar.
  • Sisanya antara 10-20 meter lebih, kekuatan sinyal WIFI akan turun sampai 1 bar di ruang terbuka.


Perlu diperhatikan apakah alat ini dapat ditempakan di area yang tepat. Karena ada 2 titik pertemuan yang perlu diambil oleh perangkat TP-Link TL-WA850RE .
  • Pertama titik dimana pertemuan sinyal WIFI Router utama ketika melemah, ditempat tersebut dapat ditaruh perangkat TP-Link TL-WA850RE .
  • Kedua arah sinyal dari TP-Link TL-WA850RE untuk perangkat lain harus tepat untuk diterima daerah blank-spot.


Mencari titik drop sinyal WIFI dan merubah posisi WIFI Router

Merubah posisi WIFI Router dapat mengoptimalkan jarak jangkauan WIFI ke segala ruangan. Khususnya untuk penyebaran sinyal di beberapa ruangan rumah.
Seperti gambar kiri posisi sinyal WIFI Router utama terhalang menuju area belakang ruangan. Dengan mengeser ke posisi WIFI Router ke tengah atau lebih jauh lagi, memungkinkan sinyal WIFI diterima di tempat yang awalnya tidak terjangkau.
Teknik dibawah ini dapat dimanfaatkan untuk perangkat TP-Link TL-WA850RE. Dimana posisi kedua perangkat harus optimal ditempatkan, setidaknya masih mendapatkan sinyal sekitar 20-40% dari sinyal WIFI Router utama.



Bagaimana mengetahui sinyal WIFI mulai melemah di sebuah rumah atau lantai rumah. Dapat mengunakan aplikasi Android WIFI Analyzer
Tinggal dilihat dimana posisi sinyal paling lemah tapi masih diterima oleh smartphone serta tempat tersedianya jaringan power untuk memasang TP-Link TL-WA850RE.
  • Gambar 1 terlihat sinyal WIFI Router utama masih sangat kuat, termasuk sinyal TP-Link TL-WA850RE
  • Gambar 2 Sinyal WIFI Router mulai melemah, sedangkan sinyal TP-Link TL-WA850RE tetap diterima oleh perangkat.
  • Gambar 3 pada jarak sekitar 10 meter dari TP-Link TL-WA850RE. Sinyal dari Range Extender berada di pintu depan rumah masih diterima, bahkan smartphone sudah menerima sinyal dari perangkat tetangga. Sedangkan sinyal WIFI Router utama yang berada di dalam tidak tertangkap oleh smartphone.




Untuk tambahan, dilakukan test dengan perangkat TP-Link TL-WA850RE.
Bila perangkat ini di tempat lebih tinggi (di atap lantai 2). Perangkat ini dapat menerima sinyal dari WIFI router lain di luar rumah. Entah dimana keberadaan perangkat WIFI tersebut, tapi terditeksi TP-Link TL-WA850RE. Penerimaan TP-Link TL-WA850RE alat ini cukup bagus



Satu lagi percobaan dengan TP-Link TL-WA850RE. Mengunakan Cloud Flash WIFI buatan Spectec.
Sebuah adapter SDcard WIFI,sinyal dari perangkat ini dapat diambil oleh TP-Link TL-WA850RE, dengan jarak 1 meter. Selanjutnya TP-Link TL-WA850RE dapat dihubungkan ke perangkat smartphone atau computer.





Mungkin kemampuan TP-Link TL-WA850RE tidak terbatas sebagai Range Extender saja. Entah untuk keperluan, mungkin untuk remote camera yang memiliki WIFI atau hal lain.

Hasil kemampuan dari TP-Link TL-WA850RE


Fitur

Catatan

Konfigurasi dan setup perangkat sederhana. Disain praktis terintegrasi dalam satu unit.
 
Dapat di setup dari computer atau langsung dari smartphone via WIFI
 
Alat praktis untuk menambah jarak jangkauan sinyal WIFI
Butuh tempat yang tepat dimana sinyal WIFI Router utama paling lemah untuk diterima oleh TP-Link TL-WA850RE. Dan dipancarkan kembali bagi perangkat WIFI lain.
Sinyal wireless dari TL-WA850RE ke perangkat gadget. Efektif berada pada radius 5-10 meter dari titik perangkat ini Tetapi posisi TL-WA850RE di area tersebut tidak terhalang oleh tembok yang menganggu pancaran sinyal WIFI.
Pancaran sinyal WIFI TL-WA850RE adalah omni directional atau melingkar di sekitar perangkat Bila dipasang pada konektor power listrik, bagian sinyal WIFI di belakang konektor akan terhalang tembok. Dan sinyal lebih lemah pada posisi belakang alat ini.
Perangkat dapat dipasang dimana saja tersedia konektor power listrik Pertimbangkan letak pemasagan menghadap ke arah yang dituju. Dan tidak terhalang oleh tembok bangunan di sisi perangkat. Termasuk pada sisi peralatan ini dipasang.
Perangkat TP-Link TL-WA850RE dapat pindah sesuai tempat yang dibutuhkan. Selama memiliki konektor power listrik dan masih menerima sinyal WIFI minimum.

Video dibawah ini menjelaskan setting TP-Link TL-WA850RE. Melalui smartphone via WIFI dan computer via kabel Ethernet, serta tahapan setting Range Extender dari tahap awal setting sampai terhubung ke WIFI Router utama dan Internet.



TP-Link TL-WA850RE bukan sebuah perangkat ajaib yang mampu menyebarkan atau memperluas sinyal WIFI ke seluruh ruangan. Fungsi utama sebagai perangkat Range Extender atau penambah jarak jangkauan WIFI. Lepas dari keterbasan perangkat ini, perangkat TP-Link TL-WA850RE menjadi alternatif pengunaan perangkat Access Point yang relatif lebih mahal dan kurang praktis untuk instalasi.

Berbeda dengan disain TP-Link TL-WA850RE sudah terintegrasi dalam satu unit dan tidak memerlukan power adapter atau antena exkternal. Pemasangan yang tepat dapat menambah beberapa area di rumah atau kantor untuk mendapatkan sinyal WIFI lebih jauh yang tidak terjangkau oleh sinyal WIFI Router. Alat ini dapat dipasang dan dapat dipidah sesuai tempat yang membutuhkan. Tinggal di pasang, dan dilepas dan dipindah ke tempat lain.

Tetapi pemasangan perangkat harus dipertimbangkan , seperti dimana lokasi pemasangan yang tepat di dalam rumah atau kantor. Karena tidak mudah memberikan tempat yang baik di sebuah bangunan atau ruangan. Khususnya posisi yang tepat dimana sinyal WIFI mulai melemah, dan tidak tersedianya konektor power untuk TP-Link TL-WA850RE.
Untuk Range Externder model lain. Bisa dilihat fitur TP-Link TL-WA860RE dengan disain 2 antena

Range Extender perangkat praktis dalam satu unit untuk menambah jarak jangkauan sinyal WIFI



Info produk TP-Link.com


Halaman
Spesifikasi Setup TP-Link TL-WA850RE Range Extender
Setup TP-Link TL-WA850RE Range Extender dari ethernet dengan computer atau notebook
Setup TP-Link TL-WA850RE Range Extender dengan WIFI dari Smartphone atau Tablet
Konfigurasi dan teknik pemasangan dalam menambah jarak WIFI