Beberapa software konversi video ke DVD yang dicoba, akhirnya diambil 6 software. Masing masing software memiliki keunggulan tersendiri. Ada yang menawarkan all-in-one lengkap dari proses editing, konversi video sampai burning. Yang lain hanya menyediakan konversi ke format DVD/ (VOB/MPG) saja.

Untuk percobaan, setiap software yang dicoba dengan file video yang sama, durasi 31 detik, format AVC H.264 dengan kombinasi foto dan video, ukuran file asli 44MB . Untuk membaca bitrate yang dipakai sebagai hasil encoding video, bisa dilihat pada gambar dibawah ini.
  1. Gambar grafik bagian atas adalah storage yang diperlukan (bitrate) setiap frame.
  2. Gambar dibawah adalah timeline dari video yang dikonversi.
Master file yang dipakai adalah format AVC H.264.




Airmersoft Video Converter Ultimate
Memiliki fitur setting High - Low - Small. Tapi opsi setting dapat di custom pada bitrate maksimum DVD
Fitur lain mendukung konversi video ke format lain seperti MKV, HD, Quicktime, Youtube dan lainnya.
Sayangn sekali software ini tidak membedakan format still picture dan video. Semua di konversi menjadi file DVD video dan dibuat konstan (CBR). Software ini tidak efisien untuk encoding video ke DVD karena akan memakan space yang tidak perlu.





AVS Video Converter
Memiliki beberapa opsi kompresi, dari High - Good - Standar - Long untuk video ke DVD. Mendukung beberapa format video lain seperti Blu-ray, MP4, MPEG, MWV, FLV serta AVI. Untuk DVD langsung dibuat file VOB
Opsi konversi file DVD dapat dipilih dari High 9400kbit, Good 6200kbit, Standar 4600kbit dan Long 2150kbit
Test mengambil versi Standar 4500kbit dan Long (durasi lebih lama) 2150kbit

AVS Video Converter mengunakan pembatas atas daril encoding video ke DVD, dengan batas bitrate ditentukan agar ukuran file VOB tidak membengkak. Kekurangan software ini tidak bisa membedakan still picture seperti foto yang dimasukan sebagai video. Terlihat masih kurang efisien dan hasil encoding video malah batas atas sebagai batas maksimum akan menurunkan kualitas gambar DVD.




WinX HD Video Converter Deluxe
Memiliki banyak opsi untuk konversi format video lain. Dari MP4, AVC, Youtube dan lainnya.
Untuk DVD hanya memiliki setting LQ, Standar dan HQ. Opsi lain seperti High Quality Engine dan Deinterlacing. Konversi dapat dipilih dengan CBR (constant bitrate) atau VBR (variabel bitrate)
Kinerja konversi video ke DVD cukup efisien. memiliki peak 9778kbit tapi rata rata hanya mencapai 3249kbit. Untuk bitrate paling rendah mencapai 715kbit. Tapi setting kualitas video dengan Bitrate terlihat sama walau sudah dirubah ke LQ, standar dan HQ. Entah software ini mengambil keputusan sendiri agar menjaga kualitas video, atau adanya bug. Hasil output dari 3 setting terlihat dibuat seragam





ConvertXtoDVD
Salah satu software encoding video ke DVD yang terus disempurnakan oleh pembuatnya. Memiliki pilihan konversi Long (membuat durasi video lebih banyak), Medium (standar video) dan Short (untuk kualitas maksimum). Tambahan dengan 2 pass encoding serta. Software ini lebih ditujukan untuk format DVD saja. Software ini hanya mengkonversi ke DVD, dengan tambahan untuk edit dan cut.
Test mengunakan setting, Long encode, memiliki minimum 868kbps, Averega 2561kbps dan maksimum 7781kbps dan setting Medium encode, memiliki minimum 1239, Average 3426 dan maksimum 9892 kbps




Xilisoft Video Converter Ultimate
Xilisoft paling fleksibel dan paling efisien. Memiliki setting custom, dari pengaturan manual secara bitrate, ukuran ratio layar sampai suara. Sehingga penguna bisa memilih kebutuhan setting yang diinginkan.
Setting bitrate 2500kbps mencapai Minimum 898kbps, Average 2542kbps dan Maximum 7895kbps
Setting bitrate 5000kbps mencapai Minimum 802kbps, Average 3487kbps dan Maximum 9715kbps
Software Xilisoft tetap mempertahankan kualitas dengan mengambil sisa kuota minimum dan digunakan untuk data yang membutuhkan high bit rate. Sehingga hasil encode video lebih fleksibel seperti WinX HD dan ConverXtoDVD. Tetapi penguna software ini harus mengetahui parameter yang digunakan.




TMPGenc 4.0 Xpress
Software ini sudah lebih lama dikembangkan dengan setting fleksibel bagi format DVD. Versi ini masih dibuat terpisah dengan TMPGenc DVD Author, versi terbaru sudah disatukan menjadi TMPGenc Video Mastering Work 5 yang lebih lengkap.
Dengan Prioritize quality dan speed, Average bitrate dan Peak maksimum bitrate. Untuk kualitas video encode, TMPGenc hanya menyediakan rendering dengan 2 pass. Software akan menganalisa terlebih dahulu file video sebelum di konversi ke MPG. Proses encoding lebih lama.
Test High mengunakan Average 5000kbps dengan peak dijaga sampai 8000kbps.  Output video Minimum 1530kbps, average 4620kbps dan Maximum 7811kbps
Test Low mengunakan Average 2500kbps dengan peak dijaga sampai 8000kbps. Output video Minimum 1034kbps, Average 2496kbps dan Maximum 5958kbps



Hasil test diatas dapat dilihat perbedaan teknik masing masing converter file ke DVD. Memiliki perbedaan dengan ukuran file yang dibuat.



Halaman selanjutnya, hasil file yang di konversi dari masing masing software.