Test bitrate dari beberapa software encode DVD

Dari beberapa software, di test hasil output video ke format DVD/MPEG2 yang dibagi menjadi 2 bagian.
  • Test pertama untuk low bitrate antara 2500kbps : TMPGenc, ConvertXtoDVD, AVS Video dan Xillisoft. (Aimersoft dikeluarkan karena tidak bisa memodifikasi ukuran ratio ke widescreen)
  • Test kedua untuk medium bitrate berada antara 5000kbps : TMPGenc, ConvertXtoDVD standar dan Xillisoft. (AVS Video dan Aimersoft dikeluarkan karena output file terlalu besar)

Hasil yang optimal untuk konversi video ke DVD

  • Low Bitrate : TMPGenc4, ConvertXtoDVD, AVS Video dan Xilisoft Video
  • Medium Bitrate : TMPGenc4, ConvertXtoDVD dan Xilisoft Video


Gambar hasil test video.





Gambar asli test out DVD di Google - Grafik / Video


Software terbaik untuk encoding video to DVD

Dari beberapa software encoding video ke DVD. Diambil 4 software yang mampu memenuhi kriteria untuk memperkecil ukuran file DVD.
  • TMPGenc4 walau mengunakan encoding dengan analisa video. Hasil di low bitrate dan medium bitrate dapat diperkecil, tetapi tidak mampu mempertahankan kualiatas video dan gambar still grafik. Khususnya di low bitrate terlihat sedikit bercak mosaik.
  • AVS Video Converter terlihat mampu memperkecil ukuran video ke DVD. Tapi untuk grafik terlihat dibuat dipertajam sendiri untuk setting low bitrate, Menghasilkan gambar video biasa sedikit blur karena bitrate maksimum tidak akan melewati batas yang dibutuhkan oleh video.
  • ConvertXtoDVD adalah software yang cukup lama. Software ini cukup baik dan mampu melakukan encode video menjadi format MPEG2 / DVD. Tetapi kurang fleksibel dalam setting. Kualitas video yang baik untuk medium bitrate.
  • Xilisoft video converter ultimate adalah aplikasi paling sederhana, tapi paling baik dan lebih pintar. Encode gambar foto dibuat statik tanpa mengambil banyak ukuran file, kualitas gambar lebih baik khususnya untuk medium bitrate. Terlihat hasil render di grafik, warna putih backgroung tetap dipertahankan sesuai aslinya.

Software encoding video ke DVD atau MPEG2 yang terbaik terlihat buatan Xilisoft Video Converter Ultimate. Walau hasil bitrate terkadang meningkat naik melewati batas, teknik konversi software ini membuat file video DVD tetap kecil.

Masing masing software memiliki kelebihan dan kekurangan. Seperti 2 yang terbaik ConverttoDVD menyediakan solusi dari konversi file video, Chapter sampai menjadi file VOB. Tapi tidak menyediakan fitur Burning DVD dan harus mengunakan software lain. Sedangkan Xilisoft lebih sederhana tapi perlu pengetahuan dalam pilihan setting. Xilisoft hanya menyediakan konversi video ke MPEG/VOB dan tidak memiliki fitur Chapter.

Masih banyak lagi fitur software DVD, baik versi berbayar maupun gratis.

Sekarang kita mengetahui apa yang dikerjakan oleh software converter.

  • Tidak semua converter video ke DVD melakukan hal yang sama
  • Ada yang efisien dalam melakukan encode video ke DVD, sebagian terlihat lebih boros mengunakan space.
  • Promosi dari website mereka menyebutkan teknologi pintar yang efisien dari konversi software mereka. Tetapi belum tentu sesuai dengan kebutuhan user.