Artikel ini untuk memperbaiki slot SDcard yang aus atau mulai kendor. Bila masalah SDcard tidak terbaca bisa dilihat di artikel memperbaiki SDcard / microSD

MicroSD dan SDcard terhubung dengan bagian tembaga di card reader. Demikian juga slot SDcard di camera atau slot microSD di smartphone.

Bagian ini rentan kotor, korosi atau bergeser. Seperti memory card / SD card tidak terbaca dibagian camera dan camera menganggap di slot belum terpasang SDcard. Mungkin penguna tidak hati hati ketika mengeluarkan SDcard dari camera, dan kontak lempeng tembaga bergeser. Intinya rusak, dan mengira camera mengalami kerusakan, padahal bagian pin di slot SDcard tidak berfungsi dengan baik.

Masalah microSD atau SDcard tidak terbaca dapat dijadikan salah satu contoh atau bahan referensi. Ketika slot SDcard tidak dapat terbaca walau sudah dipasang dengan benar.

Memiliki Card Reader berkualitas, bertahun tahun dipakai mendadak mulai error.

Kadang SDcard dapat mengenal, kadang susah mengenal untuk membaca SDcard.

Setelah bertahun tahun dipakai, akhirnya pin mulai aus atau penjepit kendor karena sering terdorong. Atau mungkin saja bergeser dari tempatnya.

Bila mengalami Card Reader tidak membaca SDcard, atau agak susah membaca. Kadang total blep, seakan SDcard rusak, padahal bisa saja yang bermasalah mungkin ada di bagian slot SDcard.

Sebelum memastikan card reader rusak. Pastikan anda memasang pada port yang benar.
  • Pastikan anda mengunakan kabel USB data, bukan kabel USB dari powerbank karena hanya memberikan power + dan - (pin 1 dan 4), tapi tidak memiliki koneksi pada pin Data (Pin 2 dan 3).
  • Gunakan kualitas kabel data USB untuk card reader yang baik. Bila panjang kabel lebih dari 1 meter.
  • Pastikan port USB di card reader tidak memiliki masalah, kadang putus sambung di koneksi USB.
  • Pastikan port yang anda gunakan sudah aktif. Di computer desktop, karena port USB dapat di On / Off. Bila posisi Off maka card reader tidak akan bekerja.

Dibawah ini ciri Card Reader mulai bermasalah
  • SDcard dimasukan ke slot card reader, tapi tidak terditeksi
  • SDcard reader reader dimasukan harus di goyang agar pas sampai bisa terbaca. Kadang kabel port harud si tekan.
  • SDcard reader terhubung, selama proses pemindahan mendadak putus dan proses copy file kadang berhenti tiba tiba.
  • SDcard slot ke microUSB kabel port dimasukan tapi terasa longgar.
  • SDcard sudah dikenal, tapi SDcard tidak terbaca.
  • SDcard sudah terbaca, tapi Windows mengatakan Unformat atau minta di Format.

Masalah card reader tidak tersambung dengan kabel microUSB


Konektor kabel microUSB yang kendor

Ketika card reader terhubung ke kabel microUSB. Kadang terhubung kadang tidak.
Kadang di copy mendadak error alias terputus dan proses copy berhenti

Pemeriksaan pertama
Masalah tersebut dapat terjadi di port microUSB yang kendor, hal ini Paling Sering Terjadi. Sama saja dengan smartphone microUSB ketika mentranfer data kadang goyang dan koneksi terputus

Bukan di unit slot card reader melainkan di port dari kabel USB yang longgar.

Pin di konektor perangkat USB seperti pin Female dan Mal dapat rusak bila kita kurang berhati hati memasang.
Sampai koneksi microUSB antara kabel ke port semakin sulit terhubung. Khususnya bila harus ditekan atau hal lain. Atau masalah di antara port male dan female.
Jadi kedua port di perangkat dan kabel bisa bermasalah.

Tip memeriksa masalah USB sering putus sambung seperti diatas.
Kerusakan dapat terjadi karena kontak antara port kabel USB ke port Card Reader.
Atau lemahnya tekanan pin ketika port microUSB dicolokan ke port card reader, tapi di port Card Reader yang sudah bermasalah.

Ganti kabel USB dengan yang lain. Bila masalah masih terjadi seperti port ke konektor USB female terasa goyang.
Bisa saja kerusakan di port female dari card reader sendiri.

Kerusakan pada port dapat diganti

Tapi yang kesulitan menyolder di pin dengan ukuran sangat kecil seperti menyambung pin microUSB ke board.
Dapat mengunakan alternatif microUSB board. Bentuknya sama saja, tapi port microUSB sudah dipasang ke satu board
Jadi kita tinggal mengikuti jalur yang ada dari jack pin microUSB.
Hanya memerlukan kabel jumper kecil, sesuai letak baru, dan sebuah lem

Bila card reader anda sudah mendukung USB 3.0 untuk tranfer kecepatan tinggi. Bila di ganti dengan port microUSB biasa, maka port tersebut tidak lagi USB 3.0 tapi hanya kecepatan USB 2.0.




Slot SDcard di Card Reader memiliki 9 pin untuk koneksi memory card SDcard ke slot. Ketika SDcard dimasukan ke slot card reader,  card akan terjepit dan menekan kontak di dalam slot SDcard.

Pin Penjepit SDcard tidak menjepit dengan baik

Kasus ini jarang terjadi, kecuali di kalangan profesional yang sering melepas pasang memory card untuk memindahkan data.
Bila slot SDcard seperti kendor tidak menekan dengan baik, atau longgar. Ciri gangguan seperti di pin penjepit, biasanya SDcard yang dimasukan agak goyang, atau harus di geser maju mundur agar terditeksi Card Reader.

Dua pin pada bagian slot SDcard seperti gambar dibawah, kadang mulai melemah, tidak menjepit / menekan SDcard dengan benar.

Bagian ini dapat diperbaiki dan dicoba dengan menekan beberapa saat agar 2 pin Clip lempeng penjepit agar menekan kembali. Coba masukan card kembali, apakah SDcard bisa terbaca dan SDcard yang dimasukan tidak goyang.




Clip penjepit slot di card reader SDcard

Slot PIN SDcard kotor.

Berjalan waktu, bagian slot pin SDcard Card Reader bisa, miring, kotor atau korosi dan terjadi gangguan kontak. Satu pin saja tidak terkontak dengan memory card, maka memory card tidak terbaca dengan benar. Atau pegas tembaga yang ada terjadi aus / lemah, dan tidak tepat kontak dengan pin memory card.
Sekali lagi bagian ini sangat jarang terjadi. Karena pin tembaga di slot SD card dapat bekerja tanpa masalah.
Kemungkinan hanya pin yang bergeser membuat card reader tidak mengenal card yang dimasukan. Atau tembaga tidak kontak ke pin di microSD atau SD card.

Tip ini sebaiknya berhati hati, gosok pin dengan obeng, atau amplas halus (gambar kedua) dengan memasukan ke slot. Atau tool yang bisa membersihkan bagian pin tersebut.
Bila perlu bagian pin perlu di angkat sedikit agar kontak lebih baik terjadi ketika memasukan SDcard.
Pastikan kontak pin di SDcard bersih.

Tip membersihkan slot pin di card reader adalah teknik terakhir.

Bersihkan perlahan bila terlihat ada kotoran.
Setelah dibersihkan, kembali di coba memasukan SDcard ke slot Card Reader.

Konektor kotor pada slot pin SDcard

Kedua tip diatas sudah dicoba, dan dapat memperbaiki slot SDcard yang sudah kendor dan terkena kotoran pada lempeng kontak tembaga.

Dengan catatan Card Reader masih berfungsi dengan baik, hanya bermasalah ketika SDcard dimasukan kadang terbaca, kadang tidak, atau terasa SDcard sedikit longgar.


Jadi tahap memeriksa kerusakan card reader
  1. Kabel dan port USB hal utama umum terjadi, kadang tidak menditeksi memory card di Card Reader. Kontak antara computer dan card reader tidak terhubung, dapat disebabkan masalah port di card reader dan port kabel data.
  2. Memory card sudah terpasang tapi tidak terditeksi, sedangkan drive dari Card Reader telah tampil di Windows. Bila digeser dan tampak baik. Kemungkinan pin pada slot card reader tidak mendapat kontak dengan baik ke pin SD card atau pin pada memory card yang bermasalah.
  3. Ketika membaca data, card reader sering error atau terputus setelah terhubung. Kemungkinan koneksi port dari USB kabel ke port MicroUSB mulai kendor atau goyang. Kontak di port micro USB kurang baik membuat hubungan antara card reader dengan computer mendadak terputus.