Google Maps bisa memuat rute ke tujuan

Butuh rute perjalanan atau mencari kemana arah jalan. Google Maps memiliki layanan tersebut. Gunanya untuk mencari rute jalan dan lengkap dengan alteratif serta jarak tempuh.

Bukalah situs http://maps.google.com

Lalu masukan ke kolom Google Maps, untuk mendekati daerah yang anda tuju. Atau dapat langsung meng-click Get Directions.

Lalu click pada bagian Get Directions

Masukan awal perjalanan dan akhir tujuan

Ada beberapa langkah sebelum Google Maps memberikan sebuah rute perjalanan.

  • Masukan kolom A dan B sesuai arah rute yang dicari. Misalnya anda tiba di Station kereta Tugu di Yogyakarta. Lalu anda berencana pergi ke Candi Borobudur
  • Selesai memasukan arah tujuan lalu Click Get Directions.
  • Google Maps akan memastikan arah yang anda tuju sesuai data pada map. Bila asal dan arah tujuan memiliki beberapa pilihan. Maka akan tampil daftar pilihan lain yang mendekati kata pencarian dibawahnya. Hal ini untuk memastikan arah tujuan yang anda inginkan secara tepat dan benar. Click saja dibawah kata Did you Mean, dari asal dan akhir tujuan anda.
  • Setelah itu jalur jalan akan menghilang, dan hanya menampilkan rute utama dari jalan yang anda pilih, lengkap dengan jarak tempuh.

 

 

Contohnya pada gambar dibawah ini. Rute jalan akan tampil dari Station Tugu Yogjakarta sampai ke Candi Borobudur.

 

Alternatif jalan juga bisa dipilih

Bila rute anda ingin mencari alternatif jalan lain. Google Maps dapat memberikan rute jalan berbeda. Setelah tampil rute jalan yang umumnya digunakan. Anda dapat memilih rute lain dengan mengclick dibagian garis sampai tampil lingkaran titik putih.

Pindahkan titik putih ke rute lain. Maka Google Maps akan memindahkan rute jalan ke rute alternatif baru.

 

Jalur yang diberikan tidak selalu tepat

Jangan percayakan rute yang diberikan sepenuhnya dari Google Maps. Bila rute perjalanan yang anda inginkan tidak terlalu umum atau jalur lalulintas yang padat. Google Maps bisa saja salah dan memberikan alternatif yang tidak sesuai. Teknologi memang membuat kehidupan menjadi mudah. Tetapi harus dipastikan apakah rute yang diberikan memang sesuai dengan tujuan anda dengan memeriksa keakuratan yang diberikan. Atau anda mendapatkan rute jalan yang berputar tidak karuan, sampai harus terjebak dengan jalan satu arah ;-)