NetStalker adalah software berbasis Windows diberikan gratis oleh pembuatnya.

Dapat di Install seperti biasa atau mengunakan NetStarlker portabel, software ini unik karena fungsinya seperti mengontrol software untuk di blok dengan Firewall Windows.

Fungsti NetStalker untuk menditeksi bila software mencoba terhubung ke internet.
  • Mengetahui apakah sebuah software terhubung ke internet.dan jaringan LAN
  • Mengetahui nama file yang terditeksi terkoneksi ke internet dan jaringan LAN
  • Menditeksi adanya aktivitas software tersembunyi yang tidak diketahui mengakses internet

Software akan memberi tanda ketika nama aplikasi yang diam diam memerika dan menghubungi ke server internet.

Beberapa software dari perusahaan besar, membuat software rutin memeriksa update. Atau berusaha untuk meminta login, bila computer memiliki koneksi internet.

Ada beberapa software lain yang dapat memeriksa apakah sebuah software computer diam diam terhubung ke internet.

Salah satunya SysInternal, tetapi tampilannya terbatas dengan menunjukan nomor IP atau Port dari koneksi internet ke server tertentu. Dan memberi tahu bila computer sedang mencoba menghubung ke server lain / IP lain.

Software SysInternal hanya menditeksi port yang terbuka tetapi penguna tidak tahu dari aplikasi yang mana saja yang mencoba terhubung ke internet.

Informasi yang cukup lengkap tetapi tidak dapat menunjukan nama file Exe atau Dll dan lainnya yang mengaktifkan koneksi internet.

Untuk pencegahan, dapat mengunakan Firewall Windows. Kita dapat menditeksi software di computer yang mencoba mengirim atau menghubungi server lain tanpa kita ketahui. Dan memblok agar software tidak melakukan koneksi internet.

Tetapi fungsi Firewall Windows harus di set dengan prioritas. Kadang semua koneksi akan terditeksi akan muncul peringatan oleh Firewall Windows. Akhirnya  merepotkan untuk mematikan aplikasi yang tetap membutuhkan koneksi internet atau tidak harus terhubung ke internet.

Mengapa kita perlu memblok koneksi internet
Beberapa software memiliki fitur login member, update dan lainnya.

Fungsinya untuk memeriksa apakah ada pembaharuan software bila terdapat perbaikan.

Atau menghubungkan ke server lain untuk login, seperti Adobe memerlukan login ketika software digunakan. Atau brower Chrome untuk memeriksa update dan perbaikan bug.

Atau mencatat kegiatan dari produk mereka, seperti berapa kali user mengunakan setiap hari. Atau memerika sah tidaknya software digunakan oleh seseorang.

Di sisi penguna mungkin ada yang tidak memerlukan update atau login. Dengan alasan software sudah berjalan dengan baik. Selama software sudah berjalan dengan baik dan tidak perlu update lagi. Atau lebih memilih tidak memdownload update, dan menunggu sampai update tidak bermasalah.
Disini koneksi software ke internet dapat kita tutup.

Aplikasi terkait dengan Malware, Adware mungkin menjadi masalah penguna computer. Banyak yang mengunakan software bebas atau gratis. Tapi tidak tahu apakah software tersebut aman.

Sementara penguna tidak mengetahui adanya aktivitas dari software di computer. Ternyata software yang sudah di install bahkan jarang digunakan, diam diam terus saja aktif  mengakses internet.

Bila kita sebagai penguna computer, dan memiliki kebutuhan dengan alasan diatas. Dapat dibantu dengan menditeksi software apa saja yang aktif mengakses internet dengan NetStalker.

NetStalker akan memberikan nama aplikasi yang aktif menghubungkan ke jaringan computer termasuk internet. Dan kita dapat mengetahui nama folder dan menonaktifkan ijin untuk mengakses internet dari Windows Firewall.

Tampilan pertama NetStalker akan menampilkan aplikasi yang aktif.

Bila aplikasi yang ada ternyata mengakses internet, akan muncul pesan dari NetStalker. Dan user dapat memberikan ijin untuk mengakses internet, atau menonaktifkan aplikasi.

NetStalker menditeksi aplikasi terbubung ke internet

Contoh browser Chrome akan mengakses internet. Tentu Chrome akan memeriksa secara otomatis bila terdapat update ke server Gooogle.
  • Kita tinggal memberikan ijin dengan menekan Trust, dan mengijinkan software mengunakan akses ke internet.
  • Bila aplikasi dengan nama mencurigakan, dapat dilihat pada File Details
  • Bila aplikasi ternyata tidak jelas, tinggal di click bagian Kill Process.

Menditeksi aplikasi terhubung ke internet

NetStalker memiliki filter dari aplikasi yang mengunakan akses internet.
Kita dapat menonaktifkan software yang sedang terhubung ke internet.

Filter aplikasi dengan NetStalker

Bila kita tidak ingin software mengakses internet. Dapat memanfaatkan software bantuan seperti Windows Firewall Control yang juga aplikasi Freeware.

Atau mengunakan Microsoft Windows Firewall yang ada di OS Windows.

Caranya setelah melihat nama aplikasi, dan letak folder yang menyimpan file tersebut.

Click nama software dari Explorer Windows, dan di nonaktifkan dengan memblok akses internet mengunakan Windows Firewall Control.

Block aplikasi

Untuk mengetahui cara memblok dan mengetahui software mengakses internet dapat dilihat tip dibawah ini



Catatan
Hati hati memblok aplikasi seperti browser yang membutuhkan koneksi internet. Dan hati hati tidak memblok bila aplikasi hanya bekerja dengan akses internet. Seperti Google Earth membutuhkan koneksi internet, karena membutuhkan data peta.

Software NetStalker Freeware versi Portabel dapat di download via www.sterjosoft.com/netstalker.html