Apakah Glonass, atau apakah GPS, satu lagi A-GPS, keduanya adalah satelit navigasi dan satunya dari navigasi BTS

Beberapa perangkat elektronik saat ini menambahkan fitur navigasi.

Ada yang mengatakan GPS (Global Positioning System) sebagai sistem satelit navigasi.

Kata GPS sebenarnya lebih dahulu dipakai sebagai kata navigasi dan dikenal sekarang. Sehingga kata GPS dianggap sebagai kata navigasi. Mengatakan navigasi pasti disebut GPS, padahal tidak demikian.

Saat ini sistem satelit GPS tidak lagi menjadi sistem navigasi tunggal, jaringan satelit GPS adalah sistem satelit Amerika dan paling banyak digunakan, paling lengkap, dan pertama ada.

Apakah sistem dari navigasi satelit seperti smartphone yang dapat menerima sinyal satelit GPS.

Yang dimaksud adalah perangkat yang dilengkapi receiver sinyal satelit. Fungsinya untuk menentukan posisi keberadaan seseorang.

Perangkat portable baik portable GPS, radar kapal sampai smartphone dapat menerima koordinat dari pancaran masing masing satelit.

Sedangkan sistem navigasi satelit disebut juga sebagai Konstelasi, atau rangkaian dari beberapa satelit navigasi.

Sistem satelit navigasi di dukung banyak satelit di atas sana dan tidak hanya 1,2,3 satelit.

Satu sistem konstelasi satelit yang sudah lengkap akan terkoordinasi dari 24 - 30 satelit.

Semua satelit tersebut memancarkan sinyal ke bumi untuk diterima peralatan seperti smartphone, alat navigasi dan lainnya. Sistem satelit GPS, masing-masing satelit bergerak 1 jam lebih cepat dari waktu bumi.

Jadi pergerakan satelit GPS setara 1 jam waktu bumi = 2 jam pergerakan waktu satelit. Satelit navigasi terus mengelilingi orbit bumi sesuai posisi urutannya.

Sekarang  sistem satelit navigasi paling lengkap yang dapat di terima di seluruh dunia

Konstelasi (rangkaian) satelit yang sudah lengkap adalah konstelasi satelit Glonass dari Rusia dan GPS dari Amerika. Total 4 sistem satelit navigasi lengkap dapat diterima di seluruh dunia.
.
Serta sistem GNSS atau sistem sinyal satelit navigasi global yang dapat diterima oleh perangkat seperti smartphone. Tapi bersifat regional, seperti sinyal satelit milik India atau Jepang, dan satelit perusahaan komunikasi.
  • GPS singkatan Global Positioning Sattelite, sistem satelit navigasi pertama, paling lengkap, terus diperbaharui dan milik Amerika. Digunakan di semua perangkat navigasi sebagai signal utama. Awalnya dirancang untuk militer dan terakhir dibuka untuk publik sejak akhir 2000. Versi komersil memiliki tingkat presisi sampai centimeter. GPS III dimulai tahun 2020.
  • Glonass dikembangkan oleh Rusia, baru dibuka untuk publik 2007 dan sudah bekerja penuh tahun 2011. Total 31 satelit navigasi, tapi  beroperasi penuh saat ini hanya 24 satelit. Rusia menyelesaikan semua konstelasi satelit navigasi Glonass pada Desember 2012. Sekarang signal navigasi Glonass digunakan untuk signal pendamping atau pembantu dari signal GPS. Sinyal lebih akurat untuk wilayah utara dan selatan Bumi.
  • Beidou, milik China telah digunakan global seperti Glonass dan GPS. Telah lengkap tahun 2020