SSD akan mencapai 2TB untuk data center melalui PCIe dan 1,6TB untuk penguna biasa


Hardware | 2 July 2013

Dari VRzone mendapatkan gambar grafik tentang perubahan SSD buatan Intel. Saat ini kapasitas SSD tahun ini masih berputar antara 500 dan 250GB. Diantara itu saja, hanya produk premium berani benawarkan kapasitas diatas 500GB. Diakhir tahun ini ada perubahan radikal pagi penguna SSD, kapasitas semakin besar mencapai 2TB.

Data dari Intel akan tetap mengunakan 20nm untuk produk konsumer, termasuk teknologi MLC HET di kelas server. Intel akan mengeluarkan SSD Pro 2500 di akhir tahun ini. Belum diketahui berapa saja kapasitas yang akan ditawarkan. Produk lain yang sudah menawarkan kapasitas besar dari Crucial dengan SSD SATA. Tapi belum melewati  kapasitas 1TB

Perubahan awal tahun depan, Intel akan mengeluarkan SSD P3700 untuk server dan data center dapat memakai kapasitas SSD 1TB sampai 2TB, selain kapasitas lebih kecil dengan 800GB. Tetapi interface melalui PCIe, bukan dari port SATA.

Kecuali satu model P3500, akan tersedia 1,6TB dalam bentuk SSD drive.



Intel SSD 530 terbaru sempat terlambat dirilis. Bulan ini diperkirakan akan mulai dipasarkan dengan form factor mSATA. Intel SSD 530 memiliki kapasitas dari 80, 180, dan 360GB dengan mSATA.

Berita terkait
StarTech U.2 NVMe mengunakan jalur yang sama, seperti PCIe 1 atau versi 2. Untuk SSD SATA berukuran 2,5 inci. Adaptor StarTech U.2 NVMe menjadi solusi untuk biaya dan meningkatkan performa SSD. Seperti kebutuhan storage server atau workstation.

SSD masih mengantung harganya, kapasitas 100GB masih di kisaran $100. SSD dengan kapasitas kecil umumnya dibuat lebih lambat. Samsung menawarkan SSD 840 EVO, kembali muncul bug dan SSD melambat sudah 4 bulan



Toshiba HK3R eSSd memiliki fitur sedikit berbeda dibanding SSD performa. Kecepatan maksimum untuk read mencapai 500MB/s sedangkan Write hanya 400MB/s atau 280MB/s untuk kapasitas lebih kecil dengan koneksi SATA.

Samsung baru membuat SSD mini dengan kapasitas 1TB. Ukurannya dapat dipasang untuk ultrabook dengan disain mSATA 1,8 inch. Update Fix Firmware Samsung SSD 840 EVO

Toshiba PX03SN dibuat dengan ukuran seperti harddisk, dari kapasitas 200GB, 400GB, 800GB dan 1.6TB. Mengunakan chip NAND Flash 18nm MLC. Tosbiba mengatakan SSD ini untuk kelas Enterprise.

Viking SATADIMM memiliki bentuk seperti memory module, tapi terdapat port untuk SATA. SSD storage umumnya dibuat dengan case harddisk 2,5 inch. Atau dibuat dalam module yang dicolok ke PCIe atau langsung ke port SATA.

Seagate ST1000DX001 memiliki memory SSD 8GB untuk membantu tranfer data dari harddisk, SSD dan computer. Memiliki kecepatan 7200RPM, 64MB cache buffer serta koneksi SATA 6Gbps. Seagate memberikan garansi selama 3 tahun.



Mungkin tidak lama lagi harddisk akan menembus 5TB lebih . Tahun depan Seagate menyiapkan 2 kapasitas harddisk 5 dan 6TB. Harddisk kelas Enterprise tersebut masuk di seri Terascale dengan kode produk Constellation ES.3

Seagate keluarkan harddisk yang mampu bekerja 24 jam nonstop dengan kapasitas 4TB. Pemakaian power lebih hemat 32% dan harga harddisk lebih murah. Seagate memberikan garansi selama 3 tahun pemakaian.

Ada 2 komponen chipset yang mengatur kecepatan SSD. Internal chip dari SSD seperti SandForce, dan pengatur I/O di motherboard. Kombinasi chipset menghasilkan performa berbeda.




No popular articles found.