Beberapa model baterai Nokia digunakan oleh produsen lain untuk baterai mereka. Salah satu model baterai yang banyak dipakai perangkat gadget adalah Nokia BL-5C kekuatan 1030mAh, atau Nokia BL-5C  dengan kekuatan 800mAh.

Kami mengambil satu percobaan, sebuah camera ContourHD yang dipasarkan tahun 2009 mengunakan disain seperti Nokia BL-5C. Baterai untuk camera tersebut dijual seharga $20 di situs online. Di Indonesia dengan model kompatibel dijual dari $2, $4, $8 dan asli Nokia dijual $12.

Untuk mengunakan baterai berkualitas seperti model BL-5C, kami mengambil 2 merek baterai berbeda dan membandingkan apakah kemampuan baterai diluar merek Nokia memiliki kualitas yang sama. Setidaknya mendekati kemampuan baterai asli dan dijadikan sebagai baterai cadangan. Baterai pertama original Nokia, di dapat dari handphone asli Nokia dengan tipe BL-5CB kekuatan 800mAh. Baterai kedua merek DelCell dengan tipe BL 5C  kekuatan 1030mAh.

Dibawah ini peralatan dan baterai yang akan diuji



Dari kiri ke kanan. Baterai Nokia BL-5C original, baterai ditengah merek DelCell dengan kekuatan 1030mAh dan paling kanan baterai asli dari camera dengan kekuatan 1050mAh sebagai baterai paling mahal. Untuk baterai paling kanan yang diberikan oleh camera memiliki bobot lebih berat, dan sudah diuji mampu merekam selama 2 jam 25 menit pada tahun 2009 lalu.

Untuk test, baterai digunakan untuk merekam dengan durasi acak antara 10 - 25 menit.