Efek Bokeh

Membuat foto dengan efek Bokeh seperti lensa Prime bila objek diambil dengan jarak dekat (close up).

Ini yang menarik dari lensa zoom, kadang dapat dimanfaatkan sebagai lensa bokeh, walau harga lensa Tamron ini jauh lebih murah.

Khususnya membuat efek latar belakang tampak blur, semakin jauh latar belakang pada objek, semakin tampak efek blur di hasil foto



Seperti gambar dibawah ini lebih jelas, dengan jarak 1,5 meter. Lihat di latar belakang gambar pohon. Maka efek belakang yang jauh langsung terlihat blur. Mohon maaf hanya foto kadal ini yang bisa di publikasi.



Bagi mereka yang tertarik dengan astrofotografi.

Salah satu foto ini adalah Orion Nebula. Dapat diabadikan dengan Tamron AF 70-300mm F/4-5.6 Di LD MACRO. Dengan lensa stock 18-50mm, foto ini tidak dapat dilihat dengan jelas.





Atau mengambil objek unik, seperti mengambil helikopter militer TNI AU yang melintas







Dibawah ini foto, video dan video timelapse dibuat mengunakan lensa Tamron 70-300mm. Semua video dari foto timelapse dan video dibawah ini mengunakan Tamron 70-300mm



Dibawah ini foto yang diambil dengan Tamron 70-300mm. Mengabadikan helikopter manuver di atas jalan Arteri Pondok Indah, Gandaria City Jakarta Selatan



Apakah kita membutuhkan lensa tele zoom.
Bagi pencinta foto, lensa merupakan bagian penting. Baik amatir sampai profesional membutuhkan lensa yang baik. Kita tentu bertanya apa perlunya lensa zoom yang mahal, toh jarang sekali mengambil foto jarak jauh. Lebih baik menyiapkan lensa prime yang murah sebagai lensa awal seperti mengabadikan  foto keluarga, teman untuk foto portrait.
Lensa Prime lebih cepat fokus, ringan dan kecil.

Harga lensa prime lebih murah, bahkan lebih menarik karena hasil fotonya yang tajam dibanding lensa telezoom berkualitas tetapi sangat mahal
Bagi mereka yang ingin belajar mengunakan telezoom, pada kondisi tertentu, kadang ada saja objek yang menarik dan perlu diambil dari jarak jauh. Khususnya bila anda rajin membuat foto candid.


Bisa dibayangkan ketika mengunakan stock lensa dengan ukuran 18-55mm. Seperti mengabadikan kegiatan olahraga, sport dimana kita menyaksikan dari jauh. Maka kita tidak mendapatkan gambar jarak dekat (zoom), atau detil gambar objek dengan baik

Mungkin di dekat rumah ada objek menarik, misalnya sering dilalui oleh helikopter, pesawat. Kita bisa saja mengabadikan objek tersebut dengan lensa standar. Tentu saja gambarnya menjadi lebih kecil. Mengapa tidak menyiapkan sebuah lensa telezoom yang murah.

Banyak lensa telezoom ditawarkan diatas 3 juta lebih, bahkan harganya mencapai puluhan juta. Sedangkan AF 70-300mm F/4-5.6 Di LD MACRO ini harganya sangat terjangkau seharga stock lensa kit.

Kemampuan Tamron AF 70-300mm F/4-5.6 Di LD MACRO sebagai lensa murah memang terbatas. Tapi menjadi tantangan bagi kita sendiri untuk menguasai lensa ini. Ibarat kata, tidak ada lensa mahal, yang murah pun jadi. Selama kita mengetahui teknik komposisi, setting camera dan tentunya hobi foto. Toh lensa telezoom yang mahal sama beratnya, hal lain membeli lensa mahal kadang malah jarang digunakan.

Sebagian fotographer profesional selalu mengingatkan, jangan melirik perangkat camera mahal untuk menghasilkan foto indah. Tapi foto yang baik adalah siapa yang berada di belakang camera.
Hasil foto terbaik bukan dari peralatan mahal, semua foto modern adalah foto digital. Nantinya kita dapat mengedit dengan software Lightroom, DXO atau Photoshop. Gambar yang tepat walau warna kurang menarik maka dapat diperbaiki dengan software.

Lensa yang kami uji mulai  dicoba dan mengumpulkan foto sejak Desember 2013, dan baru dipublikasi September 2015. Melihat kemampuan sebuah produk memang membutuhkan waktu, agar dapat menceritakan  pengalaman dari lensa Tamron AF 70-300mm F/4-5.6 Di LD MACRO.

Intinya ketahui teknik mengambil gambar, khususnya dengan Tamron AF 70-300mm F/4-5.6 Di LD MACRO. Hasil akhir, Tamron AF 70-300mm F/4-5.6 Di LD MACRO cukup baik untuk pemula.

Satu langkah awal untuk belajar mengunakan lensa ini sebelum mengambil lensa yang lebih mahal. Atau anda tidak melirik lagi lensa zoom kelas yang lebih tinggi, karena anda sudah terbiasa dan mengetahui kelebihan dan kekurangan lensa zoom ini. Yang menjengkelkan dari lensa ini adalah zoom, kadang sangat lambat untuk fokus ke satu titik. Maklum lensa ini dirancang untuk camera bodi Full Frame, mungkin sedikit sukar dikendalikan di bodi camera Nikon tipe APS-C yang tidak memiliki fokus adjusment di bagian sensor.

Info produk dapat dilihat via Ana-Photo.com Authorized produk Tamron Indonesia

Koleksi hasil foto dari lensa Tamron AF 70-300mm F/4-5.6 Di LD MACRO - Foto Bulan - Foto Pesawat